BBPOM Sita Semobil Pick Up Makanan Ilegal dari Pasar Bawah

id bbpom sita semobil pick up makanan ilegal dari pasar bawah

BBPOM Sita Semobil Pick Up Makanan Ilegal dari Pasar Bawah

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Kota Pekanbaru menyita puluhan kardus berisi produk pangan ilegal saat inspeksi mendadak di Pasar Bawah, Kamis.

"Jumlah temuannya banyak belum direkap, kalau dikumpulkan ia sekitar satu mobil pik up lah, " kata Kepala BBPOM Pekanbaru, Muhammad Kashuri kepada Antara usai melakukan Sidak produk pangan ilegal di Pasar Bawah Pekanbaru, Kamis.

Muhammad Kashuri menjelaskan pihaknya bersama Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM serta jajaran kepolisian setempat telah menyisir pedagang makanan di Pasar Bawah khususnya dilantai satu dan dua yang menjadi pusat oleh-oleh.

"Produk pangan ilegal yang kami temukan berupa susu, permen, coklat, jenis kopi saset, teh tarik dan sebagainya, " tutur Muhammad Kashuri.

Dari jumlah temuan item terbanyak itu produk pangan dari impor atau luar yang ilegal karena tidak berlabel BBPOM atau ML.

Menurut dia produk pangan ilegal ini didapat pada beberapa toko yang disisir secara acak oleh tim Satuan Tugas Pemberantasan Obat dan Makanan.

Selain juga dari informasi dan laporan masyarakat yang didapat saat berbelanja di Pasar Bawah.

"Kami tim Satuan Tugas pemberantasan obat dan makanan Pekanbaru menerima laporan di Pasar Bawah sering dijual produk pangan ilegal, " imbuhnya.

Untuk temuan ini jelasnya lagi pihak BBPOM akan mengamankan produk pangan ilegal lalu dimusnahkan setelah dibuatkan berita acaranya.

Sementara bagi pedagang yang menjual barang produk ilegal BBPOM melakukan pemeriksaan, lalu dibuatkan surat pernyataan tidak akan menjual hal serupa dimasa datang.

"Jika ketahuan masih membandel maka akan diproses dan diberikan sanksi hukum, "tegasnya.

Sementara itu sambungnya bagi konsumen BBPOM tidak lupa mengingatkan agar cerdas dalam berbelanja sehingga tidak terjerat tipu daya pedagang produk pangan ilegal.

Konsumen harus teliti dan selektif memperhatikan izin edar produk pangan yang akan dibelinya.

"Kami juga memasang spanduk tentang peringatan produk pangan ilegal, itu bisa dilihat konsumen ada pada setiap tangga masuk gedung Pasar Bawah, " imbuhnya.

Selain itu konsumen juga bisa mengetahui apa saja produk pangan ilegal melakukan cek BPOM lewat android tinggal masukan nama produk dan nomor BPOMnya maka akan ketahuan legal atau ilegal.

"Kalau masyarakat Pekanbaru cerdas tidak akan beli kalau tahu itu ilegal, " pungkasnya.

Sementara itu Kepala Bidang Pengawasan Barang Beredar Dinas Perdagangan Pekanbaru H. Dahyulis mengaku ikut tim dalam pengawasan produk pangan Ilegal.

Pihaknya juga meminta para pedagang agar berlaku jujur dalam berusaha dengan tidak memperdagangkan barang pangan yang dilarang. Karena kasihan konsumen akan dirugikan akibat terdampak mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak layak edar.

"Kami selalu menghimbau dan membina pedagang agar berjualan dengan jujur dan tidak melanggar aturan, " imbaunya.