BPS Inhu Mulai Rekap Data SP 2010

id bps inhu, mulai rekap, data sp 2010

Rengat, 31/5 (ANTARA) - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Indragiri Hulu H Zulkifli SM SSi di Rengat, Senin, mengatakan pihaknya sudah menuntaskan pelaksanaan Sensus Penduduk (SP) 2010 dan saat ini melakukan proses perekapan data baru kemudian dilaporkan ke BPS pusat.

"Saat ini berapa jumlah penduduk Indragiri Hulu masih direkap oleh semua petugas," katanya.

Disampaikan Zulkifli, setelah rekap data BPS dikirimkan ke BPS Pusat maka barulah pihak terkait mendapat salinannya yang dikirimkan BPS Pusat. "Data ini diperlukan untuk beberapa program kegiatan pembangunan ke depan," katanya.

Menurut dia, cukup banyak kegunaan data sensus itu, terutama Kementerian terkait, pemerintah kabupaten dan pemerintah propinsi, sebagai dasar perencanaan program.

Terkait dengan kendala petugas di lapangam, Zulkifli mengatakan sejauh ini sensus berjalan lancar tanpa hambatan, bahkan di desa-desa Talang Mamak yang warga tidak bisa berbahasa Indonesia juga sudah diantisipasi dengan baik.

"Di desa-desa Talang Mamak itu petugas sensus didampingi oleh batin atau tokoh masyarakat setempat," katanya.

Ia mencontohkan beberapa daftar pertanyaan yang disampaikan petugas, bisa langung diterjemahkan oleh batin yang mendampingi.

Demikian juga desa-desa terpencil, sudah selesai didata karena pendataan dilakukan lebih awal oleh petugas sensus.

Ia berharap, jika ada masyarakat yang belum terdata oleh petugas BPS hendaknya bisa menyampaikannya kepada ketua RT/setempat, sebab dengan adanya laporan tersebut maka ketua RT/RW akan menyampaikan hal itu pada petugas BPS setempat.

"Kita beri waktu sepekan bagi warga yang belum tersensus untuk melaporkan diri ke RT/RW setempat," katanya.