Transaksi Saham di Pekanbaru Capai Rp1,3 Triliun

id transaksi saham, di pekanbaru, capai rp13 triliun

Pekanbaru, 13/5 (ANTARA) - Transaksi saham di Pekanbaru, Riau, pada kuartal pertama 2010 mencapai Rp1,3 triliun, sementara pada April tercatat Rp420 miliar.

Kepala Pusat Informasi Pasar Modal (PIPM) Riau, Emon Sulaeman, di Pekanbaru, Rabu (12/5), memprediksi transaksi saham tetap stabil meski ada goncangan dari eksternal.

Dengan jumlah transaksi tersebut, kata Emon, indeks harga saham gabungan (IHSG) mencatatkan rekor tertinggi dari jumlah transaksinya.

"Kondisi ini membuat pergerakan saham makin meningkat karena investor melihat situasi pasar sedang menguntungkan," ujarnya.

Meski begitu, kata Emon, mundurnya Sri Mulyani dari posisi menteri keuangan menjadi salah satu sentimen nagatif yang memengaruhi investor.

"Mundurnya Sri Mulyani dari posisi menteri keuangan membuat beberapa kali indeks terkoreksi," katanya.

Namun, ia tetap yakin pasar akan kembali membaik karena fundamental kebijakan ekonomi Indonesia cukup baik.

Kebijakan ekonomi pemerintah yang mulai berjalan dinilai cukup berimbas, termasuk kondisi perekonomian, sehingga para investor pun semakin berani berinvestasi di lantai bursa, katanya.

"Saya yakin nilai transaksi pada bulan Mei masih tetap berada di angka Rp420 miliar meski pasar sempat goyang," ujarnya.

Ia berharap menteri keuangan yang baru bisa diterima pasar sehingga menimbulkan sentimen positif.