Transaksi Saham Riau Capai Rp 2,79 Triliun

id transaksi saham, riau capai, rp 279 triliun

Pekanbaru, 17/10 (ANTARA) - Transaksi saham di Provinsi Riau hingga September atau triwulan III 2010 mencapai Rp2,79 triliun dan diprediksi akan terus meningkat.

"Transaksi saham yang terjadi di Riau hingga triwulan III mencapai Rp2,9 triliun," kata Kepala Pusat Informasi Pasar Modal (PIPM) Riau, Emon Sulaeman, di Pekanbaru, Minggu.

Ia menjelaskan, nilai transaksi bulanan pada September lalu tercatat Rp300,28 miliar. Jumlah itu naik dari transaksi Juli dan Agustus yang rata-rata sekitar Rp261 miliar per bulan.

Kenaikan juga terlihat pada jumlah investor yang sebelumnya sebanyak 2.104 pada Agustus, naik menjadi 2.150 investor pada September.

"Jumlah investor yang aktif di bursa saham juga terus bertambah dan mendongkrak nilai transaksi," ujarnya.

Menurut dia, nilai transaksi bursa di Riau sempat melemah saat menjelang dan setelah Hari Raya Idul Fitri. "Sejak Juli sampai Agustus memang turun. Itu karena momen Puasa dan Lebaran yang biasanya membuat transaksi turun dan investor tidak progresif di lantai bursa," ujar Emon.

Ia menjelaskan, pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sempat beberapa kali menembus rekor tertinggi pada September yang turut mendorong inisiatif investor. Apalagi dana investasi asing mengalir deras masuk ke lantai bursa dalam negeri beberapa waktu belakangan ini.

Selain itu, sentimen positif dari perekonomian global dan propsek cerah harga komoditas di pasar internasional juga ikut mendongkrak kinerja saham-saham unggulan.

"Kemungkinan besar transaksi saham di Riau akan terus bergerak naik karena di akhir tahun investor cenderung lebih progresif untuk mengejar target keuntungannya. Begitu juga dengan perusahaan-perusahaan yang ada di lantai bursa juga akan memperbaiki kinerja mereka," katanya.