Dari Tiga Vaksin Tambahan Kemenkes, Baru Satu Yang Disalurkan Di Riau

id dari tiga, vaksin tambahan, kemenkes baru, satu yang, disalurkan di riau

Dari Tiga Vaksin Tambahan Kemenkes, Baru Satu Yang Disalurkan Di Riau

Pekanbaru (Antarariau.com) - Dinas Kesehatan Provinsi Riau menyatakan sejumlah bayi di kabupaten/kota tersebut terhitung awal Januari 2017 mulai mendapatkan vaksin dasar tambahan, berupa Inactived Polio Vaccine (IPV) Program Kementerian Kesehatan.

"Untuk Riau baru satu vaksin tambahan dari rencana tiga yang dicanangkan Kementerian Kesehatan pada 2017 yakni IPV," kata Pengelola Imunisasi Dinas Kesehatan Riau, Mayerni kepada Antara di Pekanbaru, Jumat.

Menurut Mayerni vaksin tambahan dasar yang diberikan bagi bayi oleh Kementerian Kesehatan rencananya ada tiga. Namun untuk Riau baru bisa diterapkan satu yakni IPV sesuai juknis.

Sebut dia vaksin IPV diberikan bagi bayi usia empat bulan keatas. Sementara sisanya dua vaksin lagi yaitu vaksin Measles Rubella (MR) dan HPV atau vaksin mencegah kanker rahim baru diterapkan tahun depan.

"Provinsi di Sumatera termasuk Riau baru mendapat satu vaksin yakni IPV yang diberikan dengan disuntikkan.

Sementara vaksin Measles Rubella (MR) 2017 di beberapa Provinsi dan Riau mulai 2018,"terangnya.

Ia menjelaskan pemberian vaksin IPV baru berjalan Januari 2017. Sedangkan cara pemberiannya dengan disuntik.

Menurut dia jenis vaksin Polio ada dua pertama injeksi atau polio yang disuntikan dan ditetes.

"Jadi polio tidak hanya ditetes saja tetapi disuntik inilah vaksin IPV yang hanya diberikan satu dosis atau satu kali suntikan pas bayi usia 4 bulan ke atas," tegasnya.

Adapun tujuan tambahan vaksin dasar IPV bagi bayi sambung dia untuk membasmi virus polio yang ada di dalam darah. Sedangkan polio tetes untuk membasmi virus yang ada di saluran pencernaan.

"Sejauh ini pemberian vaksin ini masih gratis lewat posyandu dan Puskesmas terdekat se- Riau," tambahnya.

Karena itu ia mengajak kaum ibu yang memiliki bayi di kabupaten/kota se-Riau membawa anaknya ke posyandu dan puskesmas terdekat untuk mendapatkan imunisasi dasar lengkap (IDL) secara gratis.

"Mari lengkapi IDL anak agar bisa terhindar dari berbagai penyakit," katanya mengakhiri.