Siak Jadi Contoh Bagi Kota Palopo Dalam Hal Subsidi Raskin

id siak jadi, contoh bagi, kota palopo, dalam hal, subsidi raskin

Siak Jadi Contoh Bagi Kota Palopo Dalam Hal Subsidi Raskin

Siak (Antarariau.com) - Program subsidi beras miskin Kabupaten Siak menjadi contoh oleh pemerintah kota Palopo, Provinsi Sulawesi Selatan untuk pelaksanaan Raskin tahun 2017 di daerah tersebut.

"Pemerintah Kota Palopo bersyukur memilih Siak sebagai daerah yang tepat untuk melakukan kunjungan kerja konsultasi subsidi Raskin. Kami menilai Siak bisa dijadikan contoh untuk melaksanakan program raskin pada 2017," kata Asisten II Pemkot Palopo Burhan Nurdin saat kunjungan kerjanya di Siak, Rabu.

Kunjungan kerja itu disambut Kepala Bagian ekonomi Pemkab Siak Arifin di ruang kerjanya. Dia mengatakan selama ini pemerintah daerah setempat telah membuat SK alokasi raskin, mendata jumlah orang yang menerima, dan membentuk tim koordinasi ditingkat kabupaten, kecamatan dan desa.

"Setelah itu baru membuat MoU dengan Bulog karena pembayarannya melalui APBD," ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa Bupati Siak Syamsuar sudah membuat suatu kebijakan dalam program Raskin untuk menuntaskan kemiskinan. Dalam hal pemerintah juga sudah menyiapkan payung hukumnya yang dituangkan ke dalam Perda nomor 10 tahun 2012 tentang penanggulangan kemiskinan.

"Dalam membuat suatu kebijakan tentu bupati Syamsuar terlebih dahulu menyiapkan payung hukumnya dan membuat Perda Penanggulangan Kemiskinan No.10 tahun 2012, di situ dijelaskan program subsidi Raskin tersebut," katanya.

Usai pertemuan itu Arifin menjelaskan bahwa tujuan Pemkot Palopo berkunjung ke Kabupaten Siak yakni untuk berkonsultasi mengenai pemberian subsidi dana distribusi raskin dan mempelajari prosedur subsidi tersebut.

"Selama ini Walikota Palopo belum melaksanakan subsidi ini. selama ini masyarakat membayar, mereka merencanakan akan membuat biaya raskin itu secara gratis," tutupnya.

Oleh: Nella Marni