25 Peserta Seindonesia Mengikuti Jambore Nasional X

id 25 peserta, seindonesia mengikuti, jambore nasional x

25 Peserta Seindonesia Mengikuti Jambore Nasional X

Jakarta, (Antarariau.com) - Sebanyak 25 ribu orang peserta dari seluruh kwartir cabang dan kwartir daerah seindonesia mengikuti Jambore Nasional X di Bumi Perkemahan (Buper) Cibubur selama 10 hari terhitung 12 sampai 21 Agustus.

"Dari Kwarda Riau ada 520 orang termasuk Pramuka Luar Biasa (PLB-), Pimpinan Kontingen (Pinkon) dan Pembimbing Pendampign (Bindam) dengan pesawat terbang Garuda Air Line dalam empat kali penerbangan," kata Sekretaris Kwarda, Kak Azwar yang menanti rombongan di Bandara Sokarno Hatta.

Azwar menjelaskan, dari 12 kabupaten masing-masing mengirimkan 32 jumlah peserta, dari Kwarda Riau mengirimkan juga 34 Peserta Luar Biasa (PLB-) mereka didampingi oleh pembina 10, jadi total 418 peserta seriau.

Diantara kegiatan rutin yang harus mereka ikuti secara bergilir di lokasi perkemahan, masing-masing Kwarcab menampilkan kelebihan dari daerah melalui panggung seni Kwarda di camp masing-masing kwarda.

Azwar berharap kedepannya ada koordinasi yang lebih baik sehingga pelaksanaan Jambore ke depan dapat terkiirdinir dengan baik.

Dia mengakui bahwa pelaksanaan Jamnas X kali ini kurangnya koordinasi dari panitia nasional dan daerah dalam rakor, "Koordinasi yang intensif dan konsisten berpengaruh besar terhadap proses pelaksanaan pada koordinasi daerah", ujarnya.

Ketua Kwarcab Kampar, Kak Eva Yuliana SE didampingi Kak Jon Haril bahwa persiapan sudah lama agar dapat mengikuti Jamnas dengan baik.

Kak Eva menyebutkan bahwa Jamnas merupakan Even lima tahunan, maka gunakan kesempatan dengan sebaik mungkin, sebab ini tidak semua mendapatkan kesempatan, barangkali sekali seumur hidup, karena rotasi waktu lima tahunan itu jarang memberikan kesempatan dua kali.

"Jaga nama baik daerah, terapkan predikat Kampar Negeri Serambi Mekkah, jangan lupa shalat lima waktu berjemaah dilaksanakan, kemudian memberikan cerminan perilaku yang terpuji," ujar Kak Eva. (Adv)