Abdul Wahid: Pesatnya Perkembangan Pekanbaru Tidak Diikuti Drainase yang Memadai

id abdul wahid, pesatnya perkembangan, pekanbaru tidak, diikuti drainase, yang memadai

Abdul Wahid: Pesatnya Perkembangan Pekanbaru Tidak Diikuti Drainase yang Memadai

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Riau meminta pemerintah kota Pekanbaru untuk segera memperbaiki drainase yang sudah buruk, agar tidak lagi terkena banjir saat musim hujan.

"Salah satu penyebab banjir yang semakin parah di Kota Madani ini adalah pesatnya pembangunan di kota Pekanbaru baik itu pembangunan perumahan maupun pembangunan ruko-ruko yang menjamur sampai kepelosok kota," ujar anggota Komisi D DPRD Riau, Abdul Wahid, di Pekanbaru, Senin.

Menurut legislator Daerah Pemilihan Indragiri Hilir ini salah satunya dikarenakan mulai pesatnya pembangunan di Pekanbaru, kemudian tidak diikuti oleh drainase yang memadai sehingga menyebabkan genangan banjir dimana-mana.

"Saya setuju dengan insvestasi, pembangunan kota itu bagus karena membuat ekonomi bergerak dan tentu saja akan membuka lapangan kerja bagi masyarakat. Akan tetapi pembangunan dan perbaikan drainase itu juga penting," kata Wahid.

Katanya, banjir di kota Pekanbaru dari waktu ke waktu semakin parah, baik di jalan-jalan raya maupun di pemukiman masyarakat. Bahkan yang dulunya sebagai daerah bebas banjir sekarang pun sudah kebanjiran kalau hujan turun, walau hanya 30 menit saja.

"Rumah saya kan tinggi sekarang jalan di depan rumah saya banjir kalau hujan," ungkapnya.

Lanjut legislator PKB ini, pemerintah juga harus membuat standar umum drainase yang harus dipatuhi oleh setiap orang yang membangun perumahan ataupun ruko di kota ini.

"Drainase Pekanbaru buruk sekali, itu tugas pemerintah untuk membuat standar drainase. Harus dihitung kalau aliran air dalam kondisi hujan deras, panjang aliran air satu kilometer berapa kedalaman dan lebar drainasenya. Kalau pemerintah tidak mampu buat, suruh pengusaha yang membangun perumahan itu langsung bangun drainasenya," ungkapnya.

Ia meminta dari sekarang, lanjutnya pemerintah harus membenahi sistim drainase kota Pekanbaru agar daerah setempat tidak terendam banjir setiap kali hujan turun. Agar masyarakat bisa merasa nyaman.

"Kalau tidak dibenahi segera drainasenya maka kota ini akan terendam banjir setiap hujan turun. Ini berarti pemerintah tidak mampu memberikan kenyamanan kepada warganya," tutup Wahid. (Nella Marni)