Kampar Prioritaskan Pembangunan Pada Lima Bidang Pada Tahun 2017

id kampar prioritaskan, pembangunan pada, lima bidang, pada tahun 2017

Kampar Prioritaskan Pembangunan Pada Lima Bidang Pada Tahun 2017

Kampar, (Antarariau.com) - Prioritas pembangunan Kabupaten Kampar pada tahun 2017 mendatang diarahkan pada lima bidang pembangunan. Lima bidang itu yakni Bidang Sumber Daya Manusia, Bidang Kesejahteraan Sosial, Bidang Ekonomi, Bidang Sumber Daya Alam dan Bidang Pemukiman Sarana dan Prasarana Wilayah.

Demikian disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kampar yang diwakili Kepala Bidang Ekonomi Azwir, SE saat menyampaikan sambutan (ekspose) tentang arah dan prioritas pembangunan Kabupaten Kampar tahun 2017, pada kegiatan forum gabungan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) bidang Ekonomi yang di gelar di aula Bappeda beberapa waktu lalu.

Rapat forum SKPD bidang Ekonomi ini dipimpin oleh Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (BPPTPM) Ali Sabri selaku koordinator forum SKPD bidang Ekonomi. Hadir pada kesempatan tersebut Ketua DPRD Kabupaten Kampar Ahmad Fikri, SAg. Kepala SKPD, Camat di lingkungan Pemkab Kampar serta Kepala Bidang dan Kasubbid di lingkungan Bappeda Kabupaten Kampar.

Ada enam SKPD yang dibawah koordinasi bidang ekonomi yakni Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA), Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (BPPTPM), Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD), Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pasar, Dinas Koperasi dan UKM, Bagian Ekonomi Setdakab Kampar.

Di jelaskan Azwir bahwa mengapa arah dan prioritas pembangunan Kabupaten Kampar tahun 2017 itu diarahkan pada lima bidang pembangunan tersebut, karena pada tahun 2017 Kabupaten Kampar belum memiliki rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) atau belum memiliki visi jangka menengah Kabupaten Kampar tahun 2017-2021. Pasalnya diawal 2017 itu Kabupaten Kampar belum memiliki Kepala Daerah defenitif karena Pemilihan Kepala Daerah dijadwalkan pada bulan Februari 2017.

Disampaikan Azwir bahwa prioritas pembangunan ini dirumuskan berdasarkan urusan konkuren yang menjadi kewenangan pemerintah daerah menurut Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

Prioritas Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2017 ini khusus bidang ekonomi meliputi, urusan koperasi dan UKM, urusan penanaman modal, urusan statistik, urusan perdagangan, urusan perindustrian, urusan pengelolaan keuangan dan urusan pemberdayaan masyarakat dan desa.

Prioritas RKPD berdasarkan urusan pemerintah konkuren meliputi urusan pemerintahan wajib yang berkaitan dengan pelayana dasar, urusan pemerintahan wajib yang tidak berkaitan dengan pelayanan dasar dan urusan pilihan.

Sementara itu Koordinator Forum SKPD bidang Ekonomi, Ali Sabri menyampaikan bahwa forum SKPD ini merupakan tindak lanjut dari musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) kecamatan. Hasil Musrenbangcam ini disingkronkan dengan rencana kerja (renca) SKPD.

Diharapkan hasil musrenbangcam ini menjadi prioritas renja SKPD.

Kemudian Ketua DPRD Kabupaten Kampar Ahmad Fikri, mengajak seluruh SKPD untuk mendukung seluruh program pemerintah Kabupaten Kampar.

“SKPD bekerja sesuai dengan tugas pokok fungsi masing-masing, dukung seluruh program kerja pemerintah,” ujarnya. (adv)