Kampar prioritaskan program pengentasan kemiskinan

id kampar prioritaskan, program pengentasan kemiskinan

Kampar, Riau, (ANTARARIAU News) - Dua program pengentasan kemiskinan, yaitu ekonomi kerakyatan dan pemberian bantuan prasarana pendidikan bagi anak kurang mampu menjadi prioritas agar Kabupaten Kampar, Riau, lebih maju dari daerah lain dalam dua tahun mendatang.

"Dua program itu, dimasukkan ke dalam APBD Kampar tahun 2012," kata Bupati Kampar H Jefry Noer pada silaturrahim tim sukses pemenangan Jefry Noer dan Ibrahim Ali saat pilkada Kampar tahun 2011 bersama jemaah Masjid Al-Muhajirin Dusun Simpang Pauh Desa Pulau Terap Kecamatan Kuok, Minggu.

Dia menjelaskan, program prorakyat berupa penyediaan dana bergulir, pelatihan pertanian terpadu, bantuan prasarana pendidikan bagi anak kurang mampu serta upaya pengentasan kemiskinan akan menjadi program unggulan sekaligus prioritas utama. Bila program tersebut berjalan lancar dan masyarakat dengan penuh kesadaran mau bangkit, dalam dua tahun, niscaya Kampar akan lebih maju.

Jefry menjelaskan, bila semua pihak bersatu padu dan melakukan berbagai kegiatan pembangunan dengan pola berjemaah, niscaya dalam dua tahun Kabupaten Kampar akan menjadi Kabupaten termaju di Provinsi Riau. Perjuangan tim suksesnya untuk memajukan Kabupaten Kampar ke depan harus tetap dilanjutkan dengan melipatgandakan kekuatan serta lebih solid.

APBD Kabupaten Kampar 2012 diperkirkan melebihi Rp1,6 triliun merupakan angka yang cukup besar dan bila dana tersebut dapat digunakan secara baik untuk kesejahteraan masyarakat, Kampar akan maju pesat. "Pemerintah dan masyarakat harus bersinergi untuk membangun Kampar dengan mengerahkan seluruh kemampuan," ujarnya.

Upaya memajukan Kabupaten Kampar, kata dia, tidak hanya menjadi tanggung jawab bupati dan wakil bupati, hendaknya seluruh tim jihad bertanggung jawab seluruh masyarakat, "Mari perkuat persatuan dan kesatuan untuk menuju kejayaan bersama," kata Jefry Noer.

Acara itu juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Kampar Hj Eva Yuliana Jefry, Kadis Sosial dan Tenaga Kerja Kabupten Kampar Drs H Basrun, Sekretaris BLH Kabupaten Kampar Drs H Amin Filda, Camat Kuok Edi Pratono, Kades Pulau Terap M Husni, Kades Merangin M Kamil, Ketua tim jihad Herman Thamrin, tokoh masyarakat se-Kenegerian Kuok dan ratusan masyarakat serta jemaah Masjid Al-Muhajirin.

Kepala Desa Merangin, M Kamil yang dimintai tanggapannya menyatakan, keyakinannya bahwa program yang disampaikan Bupati Kampar itu berhasil dalam target waktu dua tahun.

Dia mengatakan, program ekonomi kerakyatan dan peningkatan SDM melalui perhatian pemerintah dalam bidang pendidikan bagi anak yang kurang mampu memang program yang diharapkan masyarakat karena langsung bersentuhan dengan kehidupan masyarakat.