Tertunda Cukup Lama, Groundbreaking Tol Pekanbaru-Dumai Direncanakan Pertengahan Mei

id tertunda cukup, lama groundbreaking, tol pekanbaru-dumai, direncanakan pertengahan mei

Tertunda Cukup Lama, Groundbreaking Tol Pekanbaru-Dumai Direncanakan Pertengahan Mei

Pelalawan, (Antarariau.com) - Pemprov Riau memantapkan pembangunan akses masuk tol Pekanbaru-Dumai menjelang acara peletakan batu pertama atau "groundbreaking" yang dijadwalkan pada minggu kedua bulan Mei 2016.

"Pemancangan akan dilaksanankan pada minggu kedua Mei, perkiraannya minggu ketiga bulan April baru bisa dilalui dan diuji," ungkap Asisten II Setdaprov Riau, Masperi di Pelalawan, Selasa.

Sebelumnya, Pemprov Riau menjadwalkan "groundbreaking" Tol Pekanbaru-Dumai dilaksanakan pada Desember 2015, namun diundur untuk memantapkan persiapan di akses masuk tol.

Untuk diketahui peletakan batu pertama pembangunan ruas jalan tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 126 kilometer di Provinsi Riau sudah beberapakali diundur. Selain itu, Presiden Joko Widodo dan Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno yang dijadwalkan memimpin "groundbreaking" pada akhir 2015 juga batal datang karena kesibukan keduanya.

"Jadi groundbreaking kembali dilaksanakan hingga minggu kedua Mei Karena menunggu proses pengerasan jalan selesai," katanya.

Dia mengatakan Pemprov Riau bersama sejumlah pemerintah daerah dan PT Hutama Karya sepakat untuk melakukan penundaan agar standarisasi jalan masuk bisa dilalui kendaraan Presiden Joko Widodo.

Jalan Tol Pekanbaru-Dumai meruapakan jalan tol bagian dari jalan Trans-Sumatera yang menghubungkan Pekanbaru dengan Dumai yang berada di Riau.Dalam Perpres 100/2014, PT Hutama Karya telah ditunjuk sebagai pelaksana pembangunan jalan tol di Sumatera yang terdiri dari empat ruas yang meliputi Lampung-Bakauheni, Pekanbaru-Dumai, Medan-Binjai dan Palembang-Indralaya.

Presiden Jokowidodo ingin mempercepat realisasi pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 126 kilometer yang kedatangannya direncancanakan 11 April 2016 dalam rangka pengembangan kawasan human intersif dikaitkan dengan kawasan ekonomi khusus di Dumai.

Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota Pekanbaru sangat mendukung percepatan pembangunan ini dengan segala kemampuan seperti memfasilitasi kemudahan.