Bupati Bengkalis Ajak Masyarakat Merenung Diri 1 Muharam

id bupati bengkalis, ajak masyarakat, merenung diri, 1 muharam



Bengkalis, (Antarariau.com) - Sempena pergantian tahun baru 1 Muharam 1437 Hijriyah, Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, mengajak seluruh lapisan masyarakatnya untuk sejenak merenung diri.

"Mari sejenak merenung atas apa yang telah kita perbuat. Mudah-mudahan melalui peringatan Tahun Baru 1437 Hijriyah ini kita semua dapat semakin memantapkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, yang benar-benar sesuai dengan kitab suci Al-Qur¿an dan Sunnah Rasulullah," kata Penjabat Bupati Bengkalis, Ahmad Syah Harrofie melalui Sekretaris Daerah Burhanuddin di Bengkalis, Rabu.

Ia mengajak seluruh lapisan masyarakat muslim untuk menjadikan peralihan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1437 Hijriyah ini sebagai momen untuk melihat kembali catatan yang mewarnai perjalanan hidup masa lalu.

"Saat ini salah satu fenomena yang terjadi di sekitar kita adalah munculnya pemahaman agama yang eksklusif, cenderung radikal dan tertutup. Sementara di sisi lain terjadi kerusakan moral dan akhlak yang menggoyahkan sendi-sendi kehidupan kita sebagai bangsa yang beradab dan beragama," katanya.

Untuk itu, lanjutnya lagi, Pemerintah Kabupaten mengajak segenap elemen umat islam, khususnya para ulama, muballigh, ormas islam, lembaga dakwah dan lembaga pendidikan islam, agar memberi perhatian yang semakin sungguh-sungguh terhadap upaya pembinaan umat dan peningkatan kualitas kehidupan beragama melalui pembinaan.

Selain itu katanya, karena dari sudut sejarah, ditetapkannya 1 Muharram sebagai awal mula penanggalan kalender Hijriyah sesungguhnya lebih dititikberatkan sebagai tonggak kebangkitan peradaban umat Islam.

"Melalui peringatan 1 Huharram 1437 H ini, tekad dan semangat kebangkitan Islam itu tetap harus kita pelihara dari waktu ke waktu secara konsisten, betapa pun banyak ujian dan tantangan yang dihadapi umat Islam dewasa ini," ujar Burhanudin.

Seluruh lapisan masyarakat juga harus mengaktualisasikan nilai dan semangat hijrah guna meningkatkan seluruh aspek kehidupan manusia sebagai salah satu esensi yang harus dipetik dari semangat pergantian Tahun Baru Hijriyah 1437. (Adv)