Mendagri: Pilkada Serentak 2017 Gunakan e-Voting

id mendagri pilkada serentak 2017 gunakan e-voting

 Mendagri:  Pilkada Serentak 2017 Gunakan e-Voting

Kendari, (Antarariau.com) - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia Tjahjo Kumolo merencanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahap kedua tahun 2017 sudah menggunakan sistem e-voting.

"Saya ingin mulai tahun 2017 Pilkada serentak tahap dua, Pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres) 2019 sudah menggunakan e-voting," katanya dalam kunjungan kerjanya di Sulawesi Tenggara, (10/10).

Menurut Tjahjo, untuk mewujudkan Pilkada serentak menggunakan sistem e-voting, maka pada tahun 2016 rakyat Indonesia seluruhnya sudah memiliki KTP elektronik.

Dijelaskan, saat ini sudah ada 170 juta penduduk yang memiliki E-KTP masih tersisa sekitar satu juta penduduk lagi.

Pihak Kementerian Dalam Negeri terus menggelar rapat koordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota agar masyarakat yang belum memiliki KTP Elektronik segara didaftarkan ke pemerintah setempat.

Tjahjo Kumolo juga meminta kepada Kepala Daerah melakukan upaya jemput bola dalam memberikan pelayanan e-KTP ke masyarakat.

Menurutnya, petugas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil diberi fasilitas kendaraan motor untuk masuk ke daerah terpencil yang tidak memiliki akses transportasi yang memadai untuk memberikan pelayanan e-KTP tersebut.

Ia juga menambahkan, pelaksanaan Pemilu tahun 2019 akan dibagi dalam dua konsep yaitu, untuk konsep pertama Pemilihan Anggota DPR RI, DPD RI dan Presiden akan dilaksanakan secara serentak.