Calon Wali Kota Dumai Sepakati Kampanye Damai

id calon wali, kota dumai, sepakati kampanye damai

Calon Wali Kota Dumai Sepakati Kampanye Damai

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Lima pasang calon wali kota Dumai Provinsi Riau sepakat melakukan kampanye damai, sopan, mendidik, beradab dan damai untuk mewujudkan pemilu kepala daerah yang kondusif dan tertib.

Kesepakatan bersama yang disampaikan melalui ikrar dan deklarasi seluruh calon wali kota dan wakil wali kota ini dituangkan dalam penandatangan naskah deklarasi disaksikan pejabat daerah setempat, Rabu.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Dumai Darwis menyatakan, deklarasi kampanye damai sangat penting agar pelaksanaan pilkada berlangsung tertib dan kondusif.

"Diharapkan seluruh pasangan calon dan tim maupun pendukung untuk memegang kuat deklarasi kampanye damai ini dan tetap menjaga stabilitas keamanan daerah," katanya.

Ia mengatakan, sebagai lembaga penyelenggara pemilu, KPU berkomitmen bekerja profesional sesuai ketentuan dan menjaga netralitas dengan tidak berpihak ke salah satu calon.

Di samping itu, pemilu damai akan tercipta jika seluruh calon bersaing sehat dan tidak melakukan kampanye negatif serta siap menang atau kalah nantinya.

"Silakan bertarung dengan sehat sesuai ikrar damai yang dibuat karena KPU tidak akan berpihak ke manapun dan bekerja berdasarkan aturan yang ditetapkan," ujarnya.

Penjabat Wali Kota Dumai Arlizman Agus menilai pelaksanaan deklarasi kampanye damai ini untuk mewujudkan demokrasi yang sehat dan jujur tanpa ada persoalan gangguan keamanan.

Dia juga berharap seluruh pelaksana pilkada di semua unsur pemerintahan untuk bekerja maksimal dan profesional agar tahapan bisa berjalan dengan lancar dan sukses.

"Demokrasi merupakan ciri bangsa kita, karena itu saya yakin pilkada bisa berjalan aman dan lancar karena semua pihak sudah bekerja mempersiapkan seluruhnya dengan baik dan maksimal," katanya.

Terkait pilkada yang dijadwalkan 9 Desember 2015, Polres Dumai juga sudah menggelar peragaan simulasi pengamanan dan penanganan gangguan keamanan dengan melibatkan ratusan personel.