Koleksi Buku Perpusda Dumai 13.000 Judul

id koleksi buku, perpusda dumai, 13000 judul

Koleksi Buku Perpusda Dumai 13.000 Judul

Dumai, (Antarariau.com) - Koleksi buku di Perpustakaan Daerah Kota Dumai, Riau, sebanyak 13.000 judul dengan 20.000-an eksemplar, kata Kepala Seksi Perpusda Kota Dumai Syofrizal.

"Koleksi buku sebagian besar adalah pengetahuan umum yang tidak diadakan sekolah dan cerita rakyat serta dongeng anak," katanya kepada pers, Rabu.

Menurut dia, meski jumlah koleksi buku tersebut dianggap sudah ideal bagi sebuah perpustakaan daerah, setiap tahun terus mengalami pertambahan karena dibantu pemerintah daerah dan provinsi.

Ia menjelaskan koleksi bahan pustaka daerah yang berlokasi di Jalan Tanjung Jati Dumai ini terdiri atas karya umum, filsafat, agama, ilmu sosial, bahasa, ilmu murni, ilmu terapan, kesenian olahraga, kesusastraan, sejarah, dan geografi, serta referensi.

"Pengunjung sebagian besar pelajar dengan bacaan pengetahuan umum dan cerita rakyat atau dongeng anak-anak," katanya.

Pelayanan bahan bacaan, kata Syofrizal, juga dilakukan dengan mengerahkan armada pustaka keliling khusus ke kawasan kelurahan di kecamatan pinggiran Dumai.

Pengerahan armada pustaka keliling ini, lanjut dia, dalam rangka mendekatkan pelayanan dan menarik minat baca masyarakat supaya giat membaca berbagai pengetahuan, terutama para generasi muda.

Bentuk pelayanan lainnya, Perpusda menyerahkan bantuan bahan pustaka sebanyak 300 judul buku kepada sejumlah sekolah dasar di kawasan pinggiran untuk menambah koleksi bahan pembelajaran siswa.

Perpusda Dumai sejak 2010 telah mengusulkan pembangunan gedung baru senilai Rp4,5 miliar dengan sistem komputer untuk meningkatkan kunjungan dan memudahkan aktivitas dalam pencarian buku.