Pelanggan Listrik PLN Riau Lebih Satu Juta

id pelanggan listrik pln riau lebih satu juta

 Pelanggan Listrik PLN Riau Lebih Satu Juta

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pelanggan Perusahaan Listrik Negara (PLN) Wilayah Riau dan Kepulauan Riau (WRKR) khusus di Provinsi Riau per Mei 2014 telah menembus angka lebih satu juta.

"Jika harus dirincikan, jumlah tersebut meningkat terus dari tahun ketahun sekitar 13 sampai 15 persen," kata Manager Humas PLN WRKR, Sarno kepada pers di Pekanbaru, Jumat siang.

Data dari PLN WRKR menyebutkan, untuk wilayah Kota Pekanbaru tercatat ada sebanyak 573.328 pelanggan dan ini meripakan yang terbanyak dibandingkan dengan cabang lainnya.

Kalau di Dumai, menurut data itu, tercatat hanya ada sebanyak 288.317 pelanggan dan PLN Cabang Rengat hanya memiliki 189.191 pelanggan.

Jumlah tersebut menurut Sarno akan terus bertambah jiga dimasukkan jumlah pelanggan baru pada Juni 2014.

Selain di Riau wilayah daratan, demikian Sarno, untuk PLN Cabang Tanjung Pinang yang juga berada di wilayah PLN WRKR hingga Mei 2014 telah memiliki pelanggan sebanyak 185.054 pelanggan.

"Total jumlah pelanggan tersebut tidak mengikat dengan jumlah penduduk, namun dihitung berdasarkan bangunan (bisa per keluarga atau per perusahaan atau industri)," katanya.

Staf Humas PLN WRKR, Nasri, mengatakan, tingginya permintaan sambung baru membuah perusahaan kewalahan mengingat daya tersedia sangat terbatas.

"Pelanggan terus bertambah setiap tahunnya, tapi sumber energi masih segitu-segitu saja," katanya.

Maka kemudian, kata dia, PLN menyiasati kecukupan daya hanya untuk kalangan pelanggan rumah tangga dengan beban listrik "non" industri.

"Sementara ini untuk pelanggan industri atau dengan beban besar ditunda dulu sampai ada penambangan pasokan listrik dari pembangkit atau sistem interkoneksi," katanya.