450 haji asal Kampar, Riau sudah kembali ke rumah masing-masing

id Kemenag Riau

450 haji asal Kampar, Riau sudah kembali ke rumah masing-masing

Pelaksana Tugas Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau H. Muliardi saat menyambut kepulangan jamaah haji Kampar di Bandara Hang Nadim Batam, Kamis (27/6/2024). ANTARA/HO-Humas Kemenag Riau.

Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 450 haji dan petugas yang tergabung dalam Kloter BTH-05 asal Kabupaten Kampar, Riau pada Kamis sudah tiba di rumah masing-masing setelah diterbangkan dengan tiga kali penerbangan dari Bandara Hang Nadim Batam.

"Sebanyak 450 haji asal Kabupaten Kampar tersebut sudah kembali ke daerah mereka dengan tiga kali penerbangan," kata Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Riau, H. Zulfaimar, Kamis.

Ia mengatakan, haji yang pertama sudah diterbangkan 214 orang pada pukul 07.45 WIB, untuk penerbangan kedua berjumlah 214 orang pada pukul 09.00 WIB, dan penerbangan ketiga sebanyak 16 orang pada pukul 10.45 WIB.

Menurut dia, haji yang berangkat ke Kampar dipimpin ketua rombongan dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kampar dan disambut di Masjid Islamic Center Bangkinang untuk selanjutnya dijemput oleh keluarga masing-masing.

Ia mengatakan, sehari sebelumnya jamaah haji Kampar yang tergabung dalam BTH-05 berada di asrama haji Batam untuk beristirahat terlebih dahulu satu malam.

Kedatangan mereka di Batam pada Kamis dini hari pukul 04.10 WIB, disambut Pelaksana Tugas Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau H. Muliardi bersama Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Kepri H. Abu Sufyan.

Muliardi berharap semoga jamaah haji asal Kampar ini mendapat haji mabrur dan mabrurah, dan bisa mengaplikasikan ibadah mereka dalam kehidupan sehari-hari. Saat kembali ke daerah agar menjadi contoh teladan bagi masyarakat di lingkungan.

"Haji Kampar hendaknya dapat mengimplementasikan ibadah di tanah suci dan diaplikasikan dalam keseharian seperti shalat berjamaah di masjid, saling membantu dan bersosialisasi dengan masyarakat dengan demikian nampak keberkahan dan kemabruran ibadah haji yang telah dilaksanakan," katanya.