Pemprov Riau memprogramkan destinasi wisata religi berbasis masjid

id Pemprov Riau

Pemprov Riau memprogramkan destinasi wisata religi berbasis masjid

Sejumlah masjid di Riau potensial masuk dalam paket wisata religi berbasis masjid bersejarah tersebar di Riau seperti Masjid Jami’ di Kampar dan Kuansing, Islamic Centre di Rokan Hulu, Masjid An Nur, Masjid Senapelan dan lain-lain. dok. Antara.

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Riau kini menggiatkan program paket destinasi wisata religi berbasis masjid bersejarah seperti dicanangkan oleh Menparekraf Sandiaga Uno yang selanjutnya ikut mempromosikan wisata religi tersebut.

"Untuk itu Pemprov Riau dan pemerintah kabupaten dan kota se-Riau sudah mulai menyiapkan segala sesuatu keperluan untuk mendukungkonsep wisata religi bersejarah itu mulai dari ketersediaan sumber daya manusia, infrastruktur, sarana dan prasarana pendukung lain," kataKepala Disparekraf Provinsi Riau, Roni Rahmat dalam keterangannya di Pekanbaru, Rabu.

Ia mengatakan persiapan konsep destinasi wisata religi itu dikemas satu paket dengan agen /biro perjalanan wisata yang bekerja sama dengan pemerintah sedangkan Kemenparekraf akan membantu mempromosikannya.

Ia menyebutkan sejumlah masjid di Riau yang masuk dalam paket wisata religi berbasis masjid bersejarah tersebar di beberapa kabupaten kota di Riau seperti Masjid Jami’ di Kampar dan Kuansing, Islamic Centre di Rokan Hulu, Masjid An Nur, Masjid Senapelan dan lain-lain.

"Disparekraf Riau sudah mendata banyak masjid-masjid bersejarah di Riau untuk dimasukkan ke dalam paket destinasi wisata itu. Selain yang memang sudah dikenal saat ini juga ada masjid-masjid lain yang bernilai sejarah tinggi yang siap dimasukkan ke dalam paket wisata itu," katanya.

Roni menyebut masjid yang memiliki nilai sejarah di Riau, memang sejak lama telah masuk dalam destinasi wisata di Riau. Selain itu, dari bentuk yang unik dan berdasarkan nilai sejarah sangat menarik wisatawan untuk mengunjungi objek wisata tersebut.

Dengan demikian, katanya, lagi keberadaan masjid-masjid tersebut akan makin terkenal dan diminati pengunjung melalui program paket wisata religi berbasis masjid bersejarah itu.

"Program ini diharapkan akan mendorong pertumbuhan Wisatawan Nusantara di Provinsi Riau, bersamaan dengan paket wisata masjid bersejarah ini akan meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara sekaligus memberi dampak ganda dalam pemulihan ekonomi nasional," katanya.

Sebelumnya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan memprogram wisata masjid bersejarah di seluruh Indonesia yang sudah dia mulai di Masjid Jami Lasem dengan Museum Islam Nusantara Lasem itu.