Safari Ramadan SIG Group, Semen Padang santuni 100 anak dan bantu Rp1,13 miliar

id Semen padang

Safari Ramadan SIG Group, Semen Padang santuni 100 anak dan bantu Rp1,13 miliar

Pemberian santunan dan bantuan secara simbolis oleh PT Semen Padang.

Pekanbaru (ANTARA) - Jajaran Direksi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (”SIG”) bersama jajaran Direksi PT Semen Padang, menggelar Safari Ramadan SIG Group bersama 100 anak panti asuhan di Kota Padang, Kamis (6/4/2023) dengan tema "Bahagia Bersama dalam Indahnya Ramadan" di Club House PT Semen Padang.

Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran Direksi SIG antara lain Direktur Utama Donny Arsal, Direktur Operasi Yosviandri, Direktur Bisnis & Pemasaran, Aulia Mulki Oemar, dan SVP of Corporate Secretary, Vita Mahreyni, serta sejumlah staf pimpinan lainnya di lingkungan SIG.

Sedangkan dari Semen Padang, hadir seluruh jajaran direksi yang terdiri dari Direktur Utama Asri Mukhtar Dt Tumangguang Basa, Direktur Operasi Indrieffouny Indra dan Direktur Keuangan & Umum, Oktoweri, Komisaris Khairul Jasmi dan Prof Werry Darta Taifur, dan karyawan PT Semen Padang.

Bagi Donny Arsal, Yosviandri dan Aulia Mulki Oemar, Safari Ramadan SIG ke Semen Padang ibarat pulang kampung ke Ranah Minang. Karena, ketiga direksi dari industri semen milik BUMN itu merupakan putra minang yang telah kenyang dengan berbagai pengalaman memimpin perusahaan BUMN maupun swasta.

Kegiatan diawali dengan penampilan musik religi, The Bios Nasyid, Tausyah, Games interaktif untuk anak panti asuhan, penyerahan santunan kepada 100 anak panti asuhan, bantuan paket ramadan untuk 12 masjid dan mushala di Sumbar, serta bantuan beasiswa dhuafa kepada 500 pelajar tingkat SD/SMP/SMA dan perguruan Tinggi.

Dirut PT Semen Padang, Asri Mukhtar Dt Tumangguang Basa, menyampaikan bahwa bantuan Ramadhan ini merupakan program kepedulian dari SIG yang dilaksanakan setiap tahun. ”Total bantuan yang diberikan tahun ini sebesar Rp1,13 miliar." katanya.

Baca juga: Sambut Lebaran, Direktur Keuangan & Umum Semen Padang resmikan SPBU Indarung

Pada kesempatan itu, Asri juga menyampaikan besaran dana CSR tahun 2022 yang disalurkan sebesar Rp24,4 miliar untuk program Sosial, Ekonomi, lingkungan serta pilar hukum dan tata kelola. Kemudian, juga ada program pemanfaatan pohon kaliandra sebagai biomas dan program pemberdayaan kelompok Hutan Kemasyarakatan (HKm) Sikayan Balumuik di Limau Manis Selatan, melalui penanaman kopi bantjah.

"Harapan kami, berbagai program CSR yang dijalankan Semen Padang ini dapat bermanfaat bagi masyarakat lingkungan. Kami pun mengucapkan terima kasih kepada manajemen SIG yang telah memberikan arahannya, sehingga program-program CSR Semen Padang dapat berjalan dengan baik," ujarnya sembari mengajak seluruh insan Semen Padang untuk memanfaatkan bulan Ramadan penuh berkah ini untuk meningkatkan Iman dan Taqwa.

Sementara itu, Direktur Utama SIG Donny Arsal menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada manajemen dan karyawan PT Semen Padang atas kontribusi dan dukungan yang telah diberikan selama ini. Harapannya, program CSR dapat terus ditingkatkan, sehingga keterikatan antara Semen Padang dengan lingkungan dapat berkelanjutan. "Kami berharap program CSR untuk lingkungan ini terus dapat ditingkatkan," kata Donny.

Baca juga: SIG dan Semen Padang pugar dua masjid di Lubuk Kilangan

Pada kesempatan itu, Donny pun menyampaikan bahwa SIG Group telah melewati tahun 2022 dengan kinerja yang lebih baik dibandingkan tahun 2021. Padahal tahun 2022 adalah tahun terberat bagi industri semen, ditandai dengan kondisi market overcapacity, ditambah kenaikan harga batu bara dan BBM. Kemudian pada Oktober 2022, permintaan semen melemah dan sampai saat ini belum pulih tetapi SIG Group dapat terus meningkatkan kinerjanya.

Selanjutnya, Donny menyampaikan bahwa SIG Group selama tahun 2022 dapat melewati tantangan dan problem tersebut dengan baik berkat dukungan dari semua insan Semen Padang dan Serikat Pekerja Semen Padang (SPSP) untuk terus menjaga kelancaran produksi dan operasional Semen Padang," pungkas Donny.

Pengurus Panti Sosial Anak Asuh Lubuk Kilangan, Syafril Ulbi mengucapkan terima kasih kepada PT Semen Padang yang telah memilih dan memberi kesempatan kepada anak pantinya untuk menerima santunan berupa uang tunai yang tentunya bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan lebaran.

"Alhamdulillah, terima kasih kepada manajemen Semen Padang yang terus memperhatikan anak panti kami, terutama saat Ramadan dan Idul Fitri. Dimana, anak-anak panti kami selalu diberikan santunan oleh manajemen Semen Padang, termasuk dari karyawannya yang banyak menjadi donatur tetap di panti kami," katanya.

Kegiatan Safari Ramadan SIG ini, tambahnya, diharapkan dapat meningkatkan ukhuwah islamiyah di bulan Ramadan ini. "Semoga ibadah puasa kita mendapat ridho dari Allah SWT dengan meraih ketakwaan kita kepada Allah SWT, serta membawa sukacita, kesehatan, dan kemakmuran bagi kita semua," ujarnya.(*)