Dinkes Dumai Tingkatkan Pencegahan Demam Berdarah

id dinkes, dumai tingkatkan, pencegahan demam berdarah

 Dinkes Dumai Tingkatkan Pencegahan Demam Berdarah

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Dinas Kesehatan kota Dumai, Riau, meningkatkan pengawasan dan pencegahan penyakit demam berdarah yang terjadi di Kelurahan Ratu Sima, Dumai Selatan.

Kepala Diskes Kota Dumai Marjoko Santoso di Dumai, Rabu, menyatakan petugas medis di puskesmas setempat dibantu petugas kesehatan lainnya telah turun ke lingkungan Kelurahan Ratu Sima untuk melakukan penanganan serangan penyakit tersebut.

"Karena ada laporan terjadi kasus demam berdarah, kita telah turunkan petugas dan melakukan penanganan serta sosialisasi pencegahan demam berdarah di tengah lingkungan masyarakat," katanya.

Ia menjelaskan petugas juga melakukan pengasapan ke rumah-rumah warga dengan berkoordinasi aparat rukun tetangga setempat untuk mencegah penyebaran penyakit yang disebabkan nyamuk Aedes Aegypti itu.

Hasil pengamatan petugas, katanya, kebersihan lingkungan masyarakat memang sejauh ini belum memadai, sedangkan saluran air tersumbat sehingga memungkinkan tempat sarang nyamuk itu berkembang biak.

"Kita sosialisasikan juga kepada masyarakat program 3M Plus, yaitu menguras, menutup tempat penampungan air, dan mengubur barang yang dapat menampung air hujan. Kemudian menaburkan bubuk abate di tempat air," katanya.

Dia menjelaskan upaya lain yang disosialisasikan pihaknya ialah dengan menyarankan warga untuk memelihara ikan pemakan jentik dan mencegah gigitan dengan selalu memakai obat antinyamuk atau memasang kawat kasa di jendela dan ventilasi rumah.