Toyota perkenalkan mobil dengan sistem autopilot

id toyota perkenalkan, mobil dengan, sistem autopilot

Toyota perkenalkan mobil dengan sistem autopilot

Tokyo (ANTARA News) - Toyota memperkenalkan mobil generasi mendatang dengan fitur autopilot akhir pekan ini.

Fitur ini memungkinkan mobil berbelok untuk menghindari tabrakan dan menjaga kendaraan tetap di jalurnya tanpa pengemudi memegang stir.

Teknologi "mengemudi sendiri" ini akan tersedia di pasaran dalam beberapa tahun mendatang.

"Teknologi canggih ini dapat mencegah kesalahan manusia, mengurangi stres mengemudi dan membantu pengemudi menghindari kecelakaan," kata direktur pelaksana Toyota Moritaka Yoshida dalam presentasinya di Tokyo seperti dikutip AFP.

Toyota, Nissan, maupun Google, sudah bertahun-tahun mengembangkan teknologi "mengemudi sendiri" maupun "mengemudi dengan bantuan".

Toyota, produsen mobil terbesar di dunia, mengatakan sistem itu pada dasarnya memungkinkan pengendara untuk menggunakan autopilot dan menyerahkan sebagian besar pengemudian pada sistem komputer. Namun, pengendara masih perlu waspada dan tetap ambil bagian selama perjalanan.

Sistem bernama Automated Highway Driving Assist (AHDA) memungkinkan kendaraan berkomunikasi secara nirkabel sehingga tidak menabrak kendaraan lain dan tetap berada di jalurnya.

"Mobil dengan teknologi ini tahu kapan menekan gas dan kapan mengerem berdasarkan objek di depannya, Mobil ini juga dapat membantu menghindari kemacetan lalu lintas," kata manajer proyek Mitshuda Shida. "Teknologi ini secara nirkabel mentransfer data setiap 0,1 detik."

Perusahaan ini berencana memasang AHDA pada model komersial dalam beberapa tahun ke depan.

Toyota telah memperkenalkan sistem pengereman pra-tabrakan pada sedan mewah Lexus dan berencana memasangnya di model-model lain pada 2015, yang disertai teknologi-teknologi lainnya.

Mereka juga mengatakan telah melipatgandakan pendeteksian waktu untuk menghindari tabrakan dua detik menjadi empat detik,