Pekanbaru ajukan penambahan 600 dosis vaksin sapi

id Sapi,kekurangan, Pekanbaru, ajukan,penambahan, 600 dosis,vaksin, sapi

Pekanbaru ajukan penambahan 600 dosis vaksin sapi

Vaksin PMK untuk sapi di area ring 1 daerah terjangkit. (ANTARA/HO-Diskannak Siak)

Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru menyatakan saat ini masih kekurangan vaksin sapi, dan sedang mengajukan sebanyak 600 dosis lagi ke Pemerintah Provinsi Riau guna pencegahan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak.

"Vaksinasi kita nggak banyak kuotanya, kita sudah ajukan surat permintaan penambahan 600 dosis lagi," kata Kepala Distankan Kota Pekanbaru Firdaus di Pekanbaru, Jumat.

Dikatakan Firdaus, sebelumnya wilayah itu sudah mendapatkan vaksin sapi, namun jumlahnya terbatas hanya untuk 200 ternak saja sementara jumlah yang kini dikembangkan petani hampir seribuan.

"Kami baru melakukan suntik vaksin ke 200 hewan ternak ini masih kurang," katanya.

Distankan Pekanbaru terus berupaya menyuntik sapi yang masih sehat untuk mengantisipasi penyebaran wabah PMK di wilayah setempat yang kini masih nihil.

Untuk itu lanjut dia, dengan vaksin yang ada

petugas mengutamakan untuk ternak betina yang produktif.

"Kita harapkan permintaan kita ini bisa diakomodir dan bisa segera turun," terangnya.

Dijelaskan Firdaus PMK ini adalah penyakit yang disebabkan oleh virus, namun tidak tergolong dalam penyakit hewan menular strategis dan ini penyakit yang memang tidak menular kepada manusia. Namun sangat cepat penularannya kepada sesama hewan terutama yang berkuku dua seperti sapi, kambing dan juga kerbau.