Dirangkai prosesi tepung tawar, Bupati Wardan lepas 307 jamaah calon haji

id Bupati inhil, Jemaah Calon Haji, muhammad Wardan,haji inhil

Dirangkai prosesi tepung tawar, Bupati Wardan lepas 307 jamaah calon haji

Bupati Inhil, Muhammad Wardan saat melepas keberangkatan Jamaah Calon Haji Kabupaten Inhil di Masjid Yamp Tembilahan, Senin malam (20/6/2022). (ANTARA/

Tembilahan (ANTARA) - Bupati Indragiri HilirMuhammad Wardan melepas keberangkatan 307 Jamaah Calon Haji (JCH) kloter tujuh, delapan dan sembilan melalui embarkasi Batam, Senin malam (20/6).

Pemberangkatan JCH ini merupakan pertama kalinya setelah dua tahun vakum akibat pandemi COVID -19. Tampak hadir dalam pelepasan anggota DPRD Provinsi Riau, unsur Forkopimda, ketua Muslimat MNU, Kepala Kemenag Inhil, serta para pejabat di lingkungan Pemkab Inhil.

"Saya turut bahagia dan bersyukur dapat melepas kembali para jamaah calon haji tahun ini. Semoga Bapak Ibu dapat menjalankan ibadah haji dengan lancar, sehat dan selamat. Titip doakan Kabupaten Inhil agar semakin sejahtera dan menjadi baldatunthayyibatun wa rabbun ghafur,” kata Bupati.

Terhitung total JCH asal Kabupaten Inhil berjumlah 307 orang yang terbagi dalam tiga kloter pemberangkatan melalui Embarkasi Batam. Suasana bahagia bercampur haru melepas keberangkatan jamaah yang dibawa 10 unit angkutan Bus.

Adapun jumlah jemaah calon haji laki-laki sebanyak 122 orang, Perempuan 185 orang dan jemaah tertua atas nama Hasnawati asal Tembilahan dengan umur 65 tahun dan jemaah termuda atas nama KamalWilyandra dengan usia 23 tahun asal Tembilahan Hulu.

307 JCH kloter tujuh, sembilan dan 12 Inhil kata Bupati, akan terbang ke tanah suci pada Rabu 22/6 dan Sabtu (25/6). Diperkirakan akan kembali ke Indonesia pada akhir Juli 2022.

Pemerintah Kabupaten Inhil sambungnya, berkomitmen untuk memfasilitasi penuh keberangkatan JCH sampai ke Pekanbaru dan nantinya menjemput pulang ke Kabupaten Indragiri Hilir kembali.

“Kami berupaya agar para jamaah dapat melaksanakan ibadah dengan lancar. Saya berharap semua jamaah dapat menjaga kesehatan, aturan, kompak dan saling menjaga satu sama lain agar semua jamaah dapat kembali ke Inhil tanpa kurang suatu apapun dan mendapat predikat haji yang mabrur,” harap Bupati.

Pelepasan keberangkatan JCH dirangkai dengan proses tepuk tepung tawar oleh Bupati beserta tamu undangan lainnya. Melalui prosesi tersebut diharapkan jemaah selalu dalam keadaan sehat selamat pergi dan pulang serta mendapatkan predikat haji yang mabrur.