Pendemo desak Kejati serius usut dalang dugaan korupsi di Siak

id Aksi demo dugaan korupsi bansos dan dana hibah siak,korupsi siak

Pendemo desak Kejati serius usut dalang dugaan korupsi di Siak

Massa aksi memadati jalan Sudirman Pekanbaru. (ANTARA/Annisa Firdausi)

Pekanbaru (ANTARA) - Ribuan orang yang tergabungdalam Gerakan Pemuda Mahasiswa Pekanbaru Peduli Keadilan (GPMPPK) dan Ormas Pemuda Pancasila Pekanbaru melakukan aksi demo di Jalan Sudirman, Pekanbaru di depan Kantor Bank Indonesia, Selasa, guna mendesak Kejaksaan Tinggi Riau mengusut dalang dugaan korupsi di Kabupaten Siak.

Awalnya massa aksi berniat berorasi di depan Kantor Kejaksaan Tinggi Riau, namun dihadang oleh pasukan kepolisian. Ratusan polisi dikerahkan untuk melakukan pengamanan aksi demo kali ini.

Adapun tuntutanmassa aksi ini turun agar pihak Kejati Riau serius dalam mengusut dugaan korupsi bansos dan dana hibah di Siak sejak 2011-2019 dan turut memeriksa Kepala Daerah saat itu.

"Kami meminta agar Kejati Riau memanggil nama-nama yang diduga menjadi dalang kasus korupsi dana bansos dan hibah di Kabupaten Siak," sebut koordinator aksi, Nur Admi Aktopan.

Sementara Asisten Intelijen Kejati Riau Rahardjo Budi Kisnanto menyebutkan pihaknya kini masih menangani kasus ini dan melakukan periksaan terkait penggunaan dana bantuan sosial.

"Yang kami tangani saat ini terkait dana bansos. Kami sudah meminta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk melakukan penghitungan kerugian negara terkait hal itu," ucapnya.

Rahardjo berjanji akan menyampaikan setiap perkembangan terkait perkara ini. Apapun hasilnya pihaknya menyatakan akan menyampaikan segera.

Berdasarkan pantauan, dikarenakan ribuan orang yang turun ke jalan, arus lalulintas di jalan Sudirman sempat dialihkan sementara.