Rencana pembangunan flyover Garuda Sakti, Sugeng minta Pemprov libatkan Pemko soal pembebasan lahan

id DPRD Riau, Sugeng, Flyover Garuda Sakti, Macet

Rencana pembangunan flyover Garuda Sakti, Sugeng minta Pemprov libatkan Pemko soal pembebasan lahan

Sekretaris Komisi IV DPRD Riau Sugeng Pranoto (Diana/ANTARA). (ANTARA/Diana S)

Pekanbaru (ANTARA) - Sekretaris Komisi IV DPRD Riau Sugeng Pranoto mendukung rencana pembangunan jembatan layang atau fly over yang berlokasi di Jalan Garuda Sakti, Kota Pekanbaru, sebagai solusi jangka panjang guna mengurai kemacetan lalu lintas yang sering terjadi di perempatan jalan tersebut.

Usulan pembangunan jalan ruas nasional ini sudah diajukan oleh Pemprov Riau menggunakan APBN kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR).

"Kita sambut baik dan sangat mendukung pembangunan fly over ini. Apalagi di titik ruas jalan tersebut memang terpantau sering terjadi kemacetan, banyak masyarakat yang mengeluhkan soal kemacetan itu, memang pembangunan fly over menjadi solusi yang tepat," kata Sugeng Pranoto kepada ANTARA di Pekanbaru, Senin.

Sugeng mengatakan, sebelum membahas lebih lanjut soal pembangunan fly over ini. Disarankannya agar Pemprov Riau terlebih dahulu berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Pekanbaru terkait pembebasan lahan. Karena bagaimanapun fly over ini berada di Kota Pekanbaru, maka Pemko Pekanbaru mesti dilibatkan.

"Kita ingatkan. Jangan sampai tidak melibatkan Pemko, walaupun memang ini usulan Pemprov Riau dan dibangunnya dengan APBN. Tapi kan masih ada proses pembebasan lahan yang harusnya melibatkan Pemko. Teknisnya diaturlah bagaimana, apakah nanti untuk pembebasan lahan menggunakansharingbudget antara Pemprov dan Pemko atau seperti apa," kata politisi PDI Perjuangan itu.

Sugeng mengaku akan bertanya langsung kepada Dinas PUPR Riau yang juga merupakan mitra Komisi IV DPRD Riau. Pihaknya siap mengawal agar pembangunan mega proyek ini dapat terealisasi dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Tadi belum sempat kita bahas, tapi saya akan usulkan untuk dijadwalkan hearing kembali dengan PUPR Riau membahas flyover ini," kata dia.

Sebagai informasi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah mengusulkan pembangunan fly over di Jalan Garuda Sakti, ke pemerintah pusat. Untuk solusi jangka pendek, pemerintah belum lama ini memasang traffic light. Tampak arus lalu lintas terpantau tertib di persimpangan tersebut.