Liverpool juara Piala FA usai menang adu penalti

id Piala Fa, Liverpool, Chelsea

Liverpool juara Piala FA usai menang adu penalti

Kapten tim Liverpool Jordan Henderson mengangkat trofi PialA FA setelah memenangkan final kompetisi ini melawan Chelsea dengan adu penalti di Stadion Wembley, London, Inggris, 14 Mei 2022. (Action Images via Reuters/PETER CZIBORRA)

Jakarta (ANTARA) - The Reds Liverpool memenangi Piala FA Inggris pada Sabtu waktu setempat setelah menang 6-5 melalui adu penalti di final melawan Chelsea di Wembley setelah 120 menit kedua tim bermain tanpa gol.

Pemain pengganti Kostas Tsimikas mencetak penalti kemenangan The Reds setelah tembakan kapten Chelsea Cesar Azpilicueta membentur tiang dan kiper Alisson memblok penalti Mason Mount.

Sadio Mane menjadi satu-satunya penendang penalti Liverpool yang gagal mengeksekusi dengan baik.

Hasil tersebut merupakan ulangan final Piala Liga pada Februari lalu ketika Liverpool menang adu penalti 11-10 setelah pertandingan juga berakhir tanpa gol.

Kemenangan Sabtu ini membuat Liverpool tetap di jalur untuk mendapatkan empat trofi yang jika berhasil direbut akan menjadi pencapaian baru kali ini.

Liverpool tiga poin di belakang Manchester City dalam pengejaran gelar Liga Premier dengan dua pertandingan tersisa, dan akan bertemu Real Madrid di final Liga Champions pada 28 Mei, menurut Reuters.

Kedua tim bermain imbang tanpa gol selama 120 menit sebelum diputuskan melalui adu penalti lagi seperti di final Piala Liga terakhir.

Liverpool unggul di awal pertandingan dengan Luis Diaz menjadi ancaman utama. Umpan terobosan dari Trent Alexander-Arnold membuat Diaz nyaris membuat gol jika tidak digagalkan kiper Edouard Mendy sebelum Naby Keita menyambar bola rebound namun melebar dari gawang.

Chelsea merespons tekanan Liverpool dengan baik ketika Christian Pulisic nyaris mencetak gol pada menit ke-23 setelah manuver satu-dua yang luar biasa dari Mount dan Reece James di sayap kanan.

Tak lama berselang, umpan Pulisic membuat Marcos Alonso menciptakan peluang mencetak gol namun Alisson dengan cepat keluar dari sarangnya untuk menggagalkan upaya bek Chelsea tersebut.

Pada menit ke-33 Liverpool mendapat pukulan ketika Mohamed Salah harus ditarik keluar karena cedera. Diogo Jota masuk menggantikannya untuk menciptakan sejumlah peluang bagus sebelum turun minum.

Chelsea langsung menekan setelah turun minum di mana Pulisic memaksa Alisson melakukan penyelamatan gemilang, sementara bola dari tendangan bebas Alonso membentur mistar gawang.

Liverpool memiliki peluang emas untuk memenangkan pertandingan ketika umpan silang dari pemain pengganti James Milner menemukan Andy Robertson tetapi sayangnya upaya jarak dekat gelandang The Reds membentur tiang.

Liverpool mendapat kesempatan lain jelang perpanjangan waktu ketika Virgil van Dijk keluar dari lapangan yang tampak cedera digantikan oleh Joel Matip.

Kedua tim tidak mampu membuat terobosan selama 2x15 menit babak tambahan yang membuat adu penalti untuk kedua kalinya musim ini harus dilakukan.