RAPP Bantu 1.000 Buku Untuk Pulau Padang

id rapp bantu, 1000 buku, untuk pulau padang

RAPP Bantu 1.000 Buku Untuk Pulau Padang

Pekanbaru, (antarariau.com) - Perusahaan industri kehutanan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) memberikan bantuan 1.000 buku untuk menambah koleksi taman bacaan di Pulau Padang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau.

"Kami berharap bantuan 1.000 buku ini bisa bermanfaat untuk masyarakat sekitar," kata Koordinator Community Development RAPP, Sundari Berlian, pada siaran pers di Pekanbaru, Sabtu (4/5).

RAPP memiliki konsesi hutan tanaman industri (HTI) di Pulau Padang yang dalam dua tahun terakhir masih terkendala akibat resistensi dari sekelompok warga. Meski begitu, Sundari mengatakan perusahaan tetap berkomitmen menyalurkan program untuk pemberdayaan masyarakat, untuk menunjukan bahwa RAPP merupakan bagian dari warga setempat.

"Agar berkembangnya perusahaan dapat diikuti dengan perkembangan masyarakat juga," katanya.

Menurut dia, 1.000 buku bacaan disalurkan dibeberapa titik di Pulau Padang. Salah satunya adalah Taman Bacaan Wildan di Desa Teluk Belitung, Kecamatan Merbau.

Pengurus taman bacaan, Putra, mengatakan berdirinya taman bacaan tersebut hanya memanfaatkan koleksi buku dari perpustaan pribadinya. Respon dari warga pada awalnya sangat rendah, namun hal itu tidak membuat teman-teman dari Taman Bacaan Wildan patah semangat.

Untuk menumbuhkan minat membaca, lanjutnya, ia mulai memperbanyak porsi buku-buku bacaan untuk anak. Alhasil, taman bacaan itu mulai banyak dikunjungi warga terutama anak-anak.

"Salah satu tantangan di Pulau Padang adalah mengubah pola pikir warga untuk gemar membaca, karena itu saya sangat senang lihat anak-anak ramai membaca di taman bacaan," ujarnya.