Jenama NODE hadirkan sepatu dengan desain fauna langka Indonesia

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, NODE

Jenama NODE hadirkan sepatu dengan desain fauna langka Indonesia

Desain fauna langka Indonesia dari NODE (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Jenama NODE menghadirkan sepatu slip on dengan desain fauna langka Indonesia yang berkolaborasi bersama Hari Merdeka sebagai kampanye peningkatan kesadaran pada isu hutan yang menyasar tren anak muda.

“Konsep desain dalam sepatu ini tercermin dari singkatan jenama kami ‘No Deforestation’ yang artinya kami berupaya memenuhi kebutuhan bahan baku tanpa menebang pohon di hutan," kata Chief Executive Officer NODE, David Chrisnaldi dalam siaran persnya, dikutip Sabtu.

Baca juga: Sudah tiga kali karyanya dipakai Madonna, ini tantangan bagi Rinaldy Yunardi

Bahan baku yang dipakai dalam koleksi ini berasal dari komponen alami seperti benang rami, serat kenaf, kain alam, sekam padi, dan lem perekat dari getah pinus serta karet alam.

Material sepatu saat sudah tidak terpakai dapat terdekomposisi menjadi kontributor unsur hara mikro dan makro di alam. Outsole sepatu yang digunakan dikatakan memiliki daya cengkram yang sempurna ditambah balutan sutra membantu menjaga kaki tetap higienis.

Baca juga: Sandiaga Uno sebut perlu sinergi dan inovasi untuk mendorong busana Muslim mendunia

“Harapannya dengan diluncurkan sepatu tematik ini bisa ikut serta dalam menyadarkan anak muda bahwa kita bisa memenuhi kebutuhan sandang tanpa harus menebang hutan dan bisa menjadi bagian dari ekonomi yang berkelanjutan,” tutur David.

Hari Merdeka, ilustrator yang ikut serta dalam proyek ini menjelaskan arti visual yang digunakannya. Dia mengatakan, visual fauna yang tergambar semuanya yakni fauna langka dilindungi di Indonesia yang keberadaanya terancam, sebut saja bekantan, badak bercula satu, gajah sumatra, dan rangkong gading.

Baca juga: Berikut ini koleksi busana lebaran agar si kecil makin menggemaskan di Hari Raya

“Proyek kampanye ini juga bertujuan mengingatkan ke semua orang yang melihat visual dalam sepatu tersebut untuk bisa memulai langkah dalam menjaga kelestarian alam dan hutan,” kata Hari.

Koleksi sepatu slip on NODE akan dijual secara terbatas sejumlah 10 pasang, yang dapat dipesan secara pre-order melalui toko resmi maupun website www.nodeorganic.com dengan harga Rp899,000.

Baca juga: Kolaborasi Sandra Dewi dan Cynthia Tan di koleksi busana "Claire New Year"