Pertamina ajarkan anak sejak dini kelola sampah

id Mengelola,Sampah pertamina, pertamina sei siak, emp, emp meranti

Pertamina ajarkan anak sejak dini kelola sampah

Sejumlah anak SD Pekanbaru serius mendengar cara mengelola sampah dari Pertamina, Pekanbaru, Sabtu (2/10/2021).ANTARA/HO-pertamina. (Humas)

Pekanbaru (ANTARA) - Tanggung jawab menjaga lingkungan harus ditanamkan sejak dini kepada anak, agar saat mereka dewasa kesadaran itu akan muncul dan berbuah bagi kelangsungan bumi.

PT Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal (FT) Sei Siak mencoba menanamkan itu melalui kegiatan edukasi dan sosialisasi pengelolaan sampah plastik di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 157 Kelurahan Tanjung Rhu, Kota Pekanbaru.

"Ini sebagai bentuk mitigasi terhadap bencana dan perbaikan lingkungan sejak usia dini," kata Supervisor Maintenance Planning & Service, Muhammad Iqbal Mahardika dan Junior Supervisor HSSE, Fachrizal Adam di Pekanbaru, Sabtu.

Dia mengatakan kegiatan ini dikemas melalui program FT Sei Siak Goes To School. Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini diikuti oleh guru, siswa kelas III, dan siswa kelas IV yang belajar tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan.

Menurut Fachrizal, kegiatan ini diselenggarakan untuk memberikan edukasi terhadap bahaya dampak sampah plastik sejak dini, kepada siswa SD. Apalagi saat ini sudah memasuki musim penghujan dan sampah plastik yang tidak dikelola dapat menyebabkan banjir.

"Kami harapkan adik-adik ini dapat mengingatkan orang tuanya karena kebiasaan baik sejak dini dapat berdampak besar pada keadaan lingkungan di masa depan," kata Fachrizal.

Siswa SD sebagai peserta terlihat sangat antusias dalam menyimak materi, menjawab beberapa pertanyaan, dan permainan sederhana yang diberikan oleh Tim FT Sei Siak. Hal tersebut membuktikan bahwa kegiatan FT Sei Siak Goes To School berjalan dengan baik. Sebagai upaya pengurangan penggunaan plastik, FT Sei Siak memberikan sebanyak 150 tumbler ramah lingkungan kepada para murid dan guru.

Guru SDN 157 Kelurahan Tanjung Rhu, Kasmiati, mengapresiasi kegiatan ini. Diakuinya, sosialisasi ini sangat bermanfaat bagi anak didiknya.

Baca juga: Ahok harap PHR berdampak baik ke kilang minyak Dumai

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pertamina yang telah berkesempatan mengunjungi SDN 157 Kota Pekanbaru, sosialisasi ini sangat bermanfaat bagi anak-anak. Semoga ke depannya Pertamina lebih intens melakukan kegiatan yang berhubungan dengan lingkungan," kata Kasmiati.

Pada kesempatan yang sama , Area Manager Communication Relation & CSR Sumbagut PT Pertamina Patra Niaga, Taufikurachman mengatakan, FT Sei Siak melakukan kegiatan ini sebagai bentuk mitigasi bencana dan mengurangi limbah untuk perbaikan lingkungan.

"Ini merupakan bentuk nyata Pertamina FT Sei Siak dalam upaya mitigasi dan tanggap bencana. Dengan edukasi pengelolaan sampah plastik sejak dini, kami harap anak-anak ini menjadi contoh penggerak perbaikan lingkungan saat ini dan di masa depan," katanya.

Baca juga: Kontribusi PT EMP ke daerah tak maksimal, Bupati Meranti : Saya rekom izinnya dicabut