Dishut Kampar Gelar Pelatihan Inokulasi Gaharu

id dishut kampar, gelar pelatihan, inokulasi gaharu

Bangkinang, (antarariau.com) - - Dinas Kehutanan Kabupaten Kampar menggelar Pelatihan Inokulasi Gaharu di Wisma Nirvana selama 6 hari (12-17 November) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan teknik inokulasi dan budidaya gaharu dalam melakukan inokulan atau membudidayakan sendiri.

"Dinas Kehutanan Kampar melakukan kegiatan Inokulasi Gaharu ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan teknik inokulasi dan budidaya gaharu dalam melakukan inokulan dan membudidayakan sendiri, “ demikian Zoraidah, S.Sos, MAP Ketua Pelaksana Pelatihan di Kampar, Rabu.

Pelatihan ini juga memiliki sasaran yang hendak dicapai yakni, untuk mengetahui dan memahami teknik inokulasi gaharu, menerapkan dan mengembangkan keahliannya kepada masyarakat di sekitar serta membuat dan mengembangkan gaharu sendiri, jelas Zoraidah.

Pihak yag terlibat dalam pelatihan ini, Ir H Bustan selaku pengarah, Ketua Hj Zoraidah, Sekretaris, Yohanis, SP, dengan anggota Yudhi Ardianto, SP dan Bambang.

Peserta dalam acara itu sebanyak 20 orang dari pegawai/staf pendamping dan petani gaharu binaan di Kabupaten Kampar yang diberikan materi teori bina suasana pelatihan, kebijakan pengembangan HHBK Gaharu, Teknik Budidaya Gaharu, pembuatan inokulan, induksi pembentukan gubal gaharu, teknik pengolahan dan pemisahan gubal, pasca panen dan pemasaran.

"Materi praktek meliputi teknik budidaya gaharu (pembibitan dan persemaian), teknik pembuatan inokulan, induksi dan sortasi gubal gaharu, pengolahan dan pemisahan gubal, teknik induksi dan sortasi gubal, pasca panen dan pemasaran," jelas Zoraidah yang kesehariannya adalah Kepala Bidang RLPS Dishut Kampar.