Telkomsel alami lonjakan trafik data selama lebaran

id Lonjakan trafik,Telkomsel

Telkomsel alami lonjakan trafik data selama lebaran

Ilustrasi. (ANTARA/HO-

Pekanbaru (ANTARA) - Selama Ramadan dan Idul Fitri 2021, Telkomsel mencatat lonjakan trafik layanan data hingga 39.7 Petabyte (PB), atau tumbuh 49 persen dibanding momen yang sama tahun lalu.

"Berdasarkan pantauan Telkomsel, untuk trafik layanan data pada Periode Lebaran 2021 sendiri, tercatat lonjakan sekira 39 persen dibandingkan lebaran tahun sebelumnya," kata Direktur Network Telkomsel Nugroho di Pekanbaru, Minggu.

Kata Nugroho, hal tersebut juga didorong semakin tingginya adopsi pemanfaatan layanan komunikasi berbasis digital sebagai sarana silaturahmi virtual guna mengikuti imbauan pemerintah untuk menekan penyebaran virus COVID-19 dengan tidak melakukan aktivitas mudik di momen Idul Fitri tahun ini.

Di sisi lain, untuk layanan SMS di momen Ramadan dan Idul Fitri 2021 mengalami peningkatan sebesar 33 persen dibandingkan periode tahun sebelumnya. Sedangkan untuk layanan panggilan suara, tercatat peningkatan trafik layanan suara sebesar 4 persen dibandingkan hari biasa.

"Secara umum masyarakat selama di Ramadan dan Idul Fitri 1442 H ini juga masih banyak menghabiskan aktivitasnya dengan memanfaatkan sejumlah platform digital sebagai penunjang produktivitas untuk bekerja secara virtual dan belajar daring, seperti melalui layanan video communication dan video streaming yang secara total mampu berkontribusi dalam penggunaan data lebih dari 53 persen, atau masing-masing tumbuh sekira 14 persen dan 22 persen, dibandingkan dengan hari biasa," sebutnya.