Deretan mobil listrik yang mejeng di IIMS 2021, begini penampakannya

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, otomotif

Deretan mobil listrik yang mejeng di IIMS 2021, begini penampakannya

Tesla Cybertruck. (REUTERS/DADO RUVIC)

Jakarta (ANTARA) - Perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) tahun ini turut menghadirkan sederet mobil dengan fitur dan teknologi baru, tak terkecuali mobil bertenaga listrik (EV).

ANTARA merangkum sejumlah mobil dengan tenaga listrik yang tampil di perhelatan otomotif tahunan ini. Berikut daftarnya:

Tesla Cybertruck (ANTARA/Chairul Rohma)


Tesla Cybertruck

Pengunjung bisa menemui salah satu model Tesla yang ikonis yaitu Cybertruck. Prestige Motorcars sendiri mengatakan siap memboyong sebanyak 100 unit untuk dibawa ke pasar Indonesia.

Cybertruck hadir dalam tiga varian yakni model terendah (standar), model menengah (midrange) dan model tertinggi (triple motor range).

Perbedaan itu mencakup dari jarak tempuh, fitur dan juga daya angkut dari truk yang memiliki rasa berkendara layaknya kendaraan sport.

Untuk varian bawah, kendaraan ini memiliki motor listrik berpenggerak roda belakang. Pada varian ini, Cybertruck memiliki daya jangkau baterai hingga 250 mil (sekitar 402,3 kilometer) sekali pengisian daya dengan daya angkut hanya mencapai 3,4 ton.

Pada varian kedua, Cybertruck hadir dengan kelengkapan dual motor listrik dengan menggunakan berpenggerak AWD. Tesla Cybertruck ini mampu berakselerasi dari 0- 96 km hanya dengan 2,9 detik.

Sedangkan untuk varian tertinggi, sudah jelas lebih baik dari dua varian di bawahnya, baik dari segi daya jangkau, akselerasi hingga daya angkut. Varian tertinggi memiliki tri motor berpenggerak roda AWD dengan akselerasi nol hingga 96 kilometer per jam hanya membutuhkan waktu 2,9 detik saja dengan daya angkut hingga 6,3 ton.

MG ZS EV pada ajang IIMS Hybrid 2021 (ANTARA/Chairul Rohman) (ANTARA/Chairul Rohma)


MG ZS EV

Morris Garages (MG) resmi memperkenalkan kendaraan listrik MG ZS EV yang banyak mendapatkan perhatian masyarakat dunia berkat desain yang menjadikan kendaraan ini sebagai kendaraan unggulan dari MG untuk meramaikan pasar otomotif Indonesia pada segmen kendaraan listrik.

Ini merupakan mobil listrik pertama mereka, dan telah terpantau diuji di jalan di Indonesia pada tahun lalu.

ZS EV menggunakan motor penggerak PM Synchronous dengan tipe baterai CATL Ternary Lithium, yang berkapasitas 44.5 kwh. Tenaga maksimal yang dapat dihasilkan dari motor listrik ini 105 kw dan torsi maksimal 353 Nm, serta mampu berakselerasi dari 0-50 km/jam hanya dalam 3,1 detik.

Toyota

Toyota memamerkan 10 kendaraan terelektrifikasi pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS), 15 – 25 April 2021, guna menunjukkan komitmen dalam mendukung mobilitas masa depan.

Sebanyak 10 unit mobil itu dibekali teknologi yang berbeda, misalnya Toyota COMS dan Toyota C+pod yang berbasis BEV (battery electric vehicle), kemudian C-HR HEV, Corolla Cross HEV, Corolla HEV dan Camry HEV yang berbasis teknologi HEV, serta Toyota Prius yang berbasis PHEV.

Total terdapat 30 unit kendaraan elektrifikasi Toyota yang dapat digunakan oleh masyarakat yang terdiri dari 20 unit Toyota COMS (BEV), 5 unit Toyota C+pod (BEV), dan 5 unit Toyota Prius PHEV.

Renault

Maxindo Renault Indonesia (MRI) kembali merilis mobil listrik dengan nama Zoe yang masih berstatus bahan pameran. Berbeda dengan pendahulinya yaitu Twizy, Zoe merupakan kendaraan listrik yang mampu memuat lima penumpang.

Managing Director MRI Rudy Salim sebelumnya mengatakan bahwa Zoe akan menjadi mobil listrik dengan harga terjangkau dibanding kompetitornya di dalam negeri.

Kapasitas baterai Zoe menggunakan daya 52 kWh yang diklaim mampu menempuh jarak sejauh 395 km berdasarkan pengujian WLTP.

DFSK

PT Sokonindo Automonile (DFSK) menghadirkan kendaraan yang memiliki serangkaian teknologi canggih, terkini, modern dan berkualitas tinggi, dengan salah satunya memboyong mobil andalannya DFSK Gelora E di IIMS 2021.

DFSK Gelora E sendiri merupakan Light Commercial Electric Vehicle (LCEV)pertama di Indonesia.

Ada dua varian Gelora E, yaitu blind van Rp480-490 juta dan minibus dengan harga Rp510-520 juta.

Mobil terbang E-Hang

Tak hanya membawa dua model Tesla, Prestige Motocars juga memperkenalkan mobil terbang otonom di Indonesia bertajuk E-Hang. Mobil ini akan ditenagai oleh listrik serta dapat dioperasikan tanpa pilot.

E-Hang disebut akan tiba di Indonesia Juli 2021. Mobil terbang ini dapat dioperasikan untuk berbagai kebutuhan mulai dari transportasi hingga pengangkut logistik. Mobil ini juga bisa memuat dua orang penumpang di dalamnya.

Pewarta: A087

Pewarta :
Editor: Vienty Kumala
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar