Riau Diharapkan Jadi Provinsi Olahraga

id riau diharapkan, jadi provinsi olahraga

Riau Diharapkan Jadi Provinsi Olahraga

Pekanbaru, (AntaraRiau) - Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Alfitra Salamm mengharapkan Riau kedepannya dapat menjadi Provinsi Olahraga yang mampu meningkatkan kualitas olahraga di Tanah Air.

"Langkah ini mungkin dapat diawali dengan menjadikan pemuda dan olahraga sebagai icon ketiga Provinsi Riau setelah Budaya Melayu dan Ikan Patin," kata Alfitra dalam pidato singkatnya di acara puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Yayasan Masmur Daerah Riau (YMDR) ke-30 di Pekanbaru mewakili Menpora Andi Malarangeng, Sabtu.

Ide ini menurut dia, muncul setelah berbagai event olahraga setingkat nasional bahkan Internasional akan diadakan di provinsi yang juga dikenal sebagai daerah kaya minyak ini.

Tidak hanya event olahraga nasional empat tahunan yaitu Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII Riau 2012, demikian Alfitra, Riau juga rencanakan akan dijadikan sebagai tuan rumah penyelenggaraan event olahraga internasional Islamic Solidarity Games (ISG) 2013 yang akan diikuti sebanyak 57 negara anggota Konfrensi Islam (OKI) se-dunia.

Selain itu, katanya, berbagai infrastruktur penunjang olahraga yang ada di Riau juga dipandang sangat memadai sehingga daerah ini pantas menjadi Provinsi Olahraga.

Dutambah lagi dengan sudah berdirinya sekolah-sekolah khusus olahraga di provinsi ini, yakni Sekolah Menengah Atas (SMA) Olahraga Negeri dan SMA Olahraga Masmur (swasta), katanya.

Menurut dia, Riau merupakan satu-satunya daerah yang cepat tanggap atas berbagai program pemerintah dalam bidang pemuda dan olahraga.

Hal itu katanya, dibuktikan dengan telah berdirinya dua sekolah olahraga, dan ini merupakan yang pertama di Indonesia.

Sementara beberapa daerah lainnya, seperti Kalimantan dan Jawa Timur sampai sekarang masih merintisnya, kata dia.

Dengan demikian, menurutnya, sudah sangat kuatlah untuk Provinsi Riau dinobatkan sebagai Provinsi Olahraga yang mungkin satu-satunya di Indonesia.

Nantinya, kata dia, di Provinsi Olahraga ini akan diprioritaskan pendidikan olahraganya untuk menciptakan bibit-bibit unggul guna meraih prestasi di bidang olahraga.

"Harapan saya, hal ini dapat segera terealisasi sehingga Riau akan dapat lebih mendulang prestasi anak bangsa dalam bidang olahraga di ajang atau event tidak hanya setingkat nasional, tapi juga internasional," katanya.