Selama liburan, 8.980 kendaraan menyeberang di dermaga Roro Bengkalis

id Pemkab Bengkalis,Pelabuhan bengkalis

Selama liburan, 8.980 kendaraan menyeberang di dermaga Roro Bengkalis

Fauzi Kepala UPT Penyeberangan Bengkalis. (ANTARA/HO-)

Bengkalis (ANTARA) - Dinas perhubungan Kabupaten Bengkalis mengungkapkan bahwa selama liburan dari 27 Oktober hingga 1 November 2020 tercatat sebanyak 8.980 unit kendaraan di lintas penyeberangan Roll on Roll off dermaga Penyeberangan Air Putih Bengkalis dan Sungai Selari Sungai Pakning.

"Dengan rincian, sebanyak 3.131 unit sepeda motor dari Pulau Bengkalis tujuan Pakning sementara itu dari Dermaga Sei. Selari ke Pulau Bengkalis sebanyak 2.621 unit," ujar Kepala UPT Penyeberangan Dishub Bengkalis, Fauzidi Bengkalis, Selasa (3/10).

Dikatakannya, Untuk kendaraan pribadi roda empat dari Pulau Bengkalis ke Pakning berjumlah 1.036 unit, sedangkan dari Penyeberangan Pakning tujuan Pulau Bengkalis sebanyak 1.624 unit.

Sementara itu, untuk jumlah penumpang orang pengguna jasa penyeberangan, dari Pulau Bengkalis ke Pakning mencapai 8.505 orang, dan dari Pakning ke Pulau Bengkalis dilaporkan 7.661 orang, sedangkan untuk penumpang anak-anak seluruhnya 44 orang.

"Arus penyeberangan saat liburan panjang akhir pekan terjadi kenaikan cukup signifikan, dibandingkan dengan hari biasanya," ungkanya.

Kepadatan sempat terjadi dan antrean panjang mengular tidak dapat dihindari memaksa pengguna jasa menunggu berjam-jam baru bisa menyeberang. Kondisi diperparah dengan sejumlah armada milik perusahaan penyedia mengalami kerusakan.

Pengguna jasa penyeberangan pada hari Ahad (1/11) terjadi penurunan terutama kendaraan roda empat 31 Oktober dan 1 November 2020 dari Dermaga Air Putih tujuan Pakning menurun masing-masing hanya 50 unit. Dan, dari Dermaga Pakning tujuan Pulau Bengkalis terjadi peningkatan meskipun tidak begitu signifikan yakni pada 1 November berjumlah 370 unit dan 31 Oktober berjumlah 254 unit.

Untuk kendaraan angkutan jenis truk tercatat seluruhnya sebanyak 568 unit menyeberang tujuan dari dan ke Dermaga Air Putih-Pakning.

"Jumlah tersebut dirangkum dari jasa pelayanan sejak liburan kemarin. Pelayanan sempat terganggu karena sejumlah armada mengalami kerusakan," ungkap Fauzi.

Baca juga: Hanya dua armada kapal Roro yang beroperasi di Bengkalis

Baca juga: Arus penyeberangam Roro Bengkalis kembali normal