BNI bantu program 'Bank Sampah'

id bni bantu, program bank sampah

BNI bantu program 'Bank Sampah'

Pekanbaru, (ANTARARIAU News) - Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Pekanbaru melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan membantu program "bank sampah" yang akan digulirkan diawal 2012 dengan memberikan satu unit mobil operasional sampah.

"Kita selalu mendukung Program bina lingkungan seperti bank sampah, karena dalam hal ini selain membina lingkungan kita untuk bersih juga mengandung nilai ekonomis", kata Wakil pemimpin sentra kredit UKM BNI Cabang Pekanbaru, Amrul Kamil, Kamis.

Dikatakan, program bank sampah juga mempunyai prospek dan BNI untuk itu melakukan kerjasama dengan pihak pengelola Bank sampah dibawah kendali para pengrajin kreatif daur ulang sampah.

Salah satu alasan pihak Bank BNI ini membantu Industri kreatif sampah ini, karena menurut mereka Industri sampah ini memiliki nilai ekonomis dan mempunyai prospek yang bagus.

"Dan lingkungan juga merupakan tempat kita hidup, ketika pemanfaatan sampah ini bagus maka lingkungan akan bersih, dengan demikian hidup kita juga akan bersih, dan ada nilai ekonomisnya juga, itulah yang jadi pertimbangan kami untuk menjadi pendukung program bank sampah dan sekaligus menjadi mitra bagi kami," ujar Amrul.

Satu unit mobil yang diberikan oleh pihak BNI ini sebagai mobil operasional untuk pengangkut sampah dari Bank-Bank Sampah yang akan didirikan disetiap Komplek pemukiman Masyarakat di Pekanbaru.

Amrul menambahkan dalam pengelolaan Program Bank sampah ini menurutnya salah satu cara meningkatkan dan menumbuhkan ekonomi kerakyatan yang menjadi penyokong tumbuhnya ekonomi pemerintah yang bagus.

"Jadi Industri kreatif pengolahan sampah ini harus kita dukung, karena banyak sekali manfaat yang didapatkan dari program ini, baik itu dar segi kesehatan lingkungan juga menumbuhkan ekonomi kerakyatan dikalangan masyaraat, jadi sangat bagus sekali," ucapnya.

Ia juga berharap mudah-mudahan kerjasama kemitraan yang dibina Industri kreatif dan Bank Negara Indonesia ini tidak hanya sampai disini, namun Ia juga berrap nantinya BNI juga bisa langsung berpartisipasi dalam pemasaran Industri kreatif tersebut.

"Itu yang kita harapkan, karena menyelamatkan lingkungan ini tugas kita bersama, jadi semua pihak seharusnya mendukung program ini," Demikian Amrul Kamil.

Sementara penggagas Bank sampah di Pekanbaru yang juga ketua pengolahan daur ulang sampah Pekanbaru Soffia Seffen, menyambut bagus dengan keterlibatan pihak perbankan dalam mendukung program bank sampah masyarakat ini.

"Kita sangat bersyukur sekali pihak perbankan bisa membantu kita dalam mengolah dan menjalankan program bank sampah ini dengan memberikan satu unit mobil dengan pinjaman lunak, dan kita berharap tidak hanya BNI yang mendukung namun semua pihak seharusnya ikut berpartisipasi dalam menjalankan rogram bank sampah ini," kata Sofia Seffen.