Duku Jambi 'Kepung' Kota Pekanbaru

id duku jambi kepung kota pekanbaru

Pekanbaru, (ANTARARIAU News) - Pasar-pasar dan sejumlah lokasi penjualan buah-buahan di Kota Pekanbaru, sejak lima hari terakhir, dibanjiri duku dari Jambi, yang didatangkan para distributor antar provinsi.

Dari pantauan ANTARA, Rabu (21/12), kebanyakan para penjual duku tersebar merata di kawasan Panam, Arengka, Pasar 'Cik Puan', hingga Pasar 'Sail' di jalur Hang Tuah, Kota Pekanbaru.

"Harganya bisa berubah tiap hari. Dua hari kemarin harganya rata-rata Rp10 ribu per kg. Tetapi jelang Natal dan Tahun Baru ini, mulai dijual dengan harga Rp13 ribu per kg," kata Ratna, (28), seorang penjual duku di depan Pasar Sail, Jalan Hang Tuah, Pekanbaru.

Beberapa pembeli terkesan tak memperdulikan konyungktur harga harian itu, karena selain masih segar ('fresh'), tampilan duku Jambi tidak kalah menarik dengan duku Palembang.

"Kalau duku dari Palembang bisa dikual di atas Rp15 ribu-lah. Tapi ada juga kualitas duku Jambi tertentu yang saya jual Rp15 ribu per kg, terutama yang ukurannya lebih besar, dengan tampilan bersih," tutur Ratna lagi.

Sementara itu, Ucok, (27), seorang penjaja duku juga durian di kawasan Jondul, Kuantan Raya, mengatakan, harga buah-buahan cepat sekali berubah, tergantung kelancaran distribusi serta kualitas barang.

Sedangkan di kawasan Arengka, Udin, (31), yang masih menjual duku seharga Rp10 ribu mengatakan, dia masih punya stok cukup banyak.

"Daripada kurang lancar, saya tetap pasang harga Rp10 ribu per kg untuk kualitas biasa. Tetapi yang bagus-bagus, saya jual Rp12.500 hingga Rp15 ribu per kg," katanya.

Sama seperti Udin, sebagian besar penjual duku di kawasan Arengka, Panam, bahkan di Jalan Tuanku Tambusai, Pekanbaru, memasang harga bervariasi, mulai dari Rp10 ribu sampai Rp15 ribu.

Kawasan Arengka hingga Panam, merupakan pusat dari jananan buah-buahan terbaik di Pekanbaru saat ini. Di daerah itu, konsumen dimanjakan oleh pilihan buah-buahan segar yang baru didatangkan dari bebragai daerah, bukan saja duku, tetapi durian, pisang, juga jeruk.