Satu lagi pasien COVID-19 di Aceh sembuh

id Aceh,Pemprov Aceh,Banda Aceh,Covid-19,Pemprov Banda Aceh

Satu lagi pasien COVID-19 di Aceh sembuh

Dokumen - Kepala Dinas Kesehatan Aceh dr Hanif (kiri) dan Juru Bicara Pemerintah Aceh Saifullah Abdulgani (kanan) saat jumpa pers di Banda Aceh, Senin (23/3/2020) ANTARA/Khalis

Banda Aceh (ANTARA) - Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Aceh kembali melaporkan satu warga yang sebelumnya positif COVID-19 dinyatakan sembuh, berdasarkan hasil uji swab dengan sistem polymerase chain reaction (PCR) di laboratorium Balai Litbangkes milik Kemenkes RI kawasan Siron, Kabupaten Aceh Besar.

Juru bicara COVID-19 Aceh Saifullah Abdulgani di Banda Aceh Jumat mengatakan pasien positif virus corona yang telah sembuh tersebut berinisial MS, warga dari Kota Banda Aceh.

"Laki-laki umur 47 tahun ini memiliki riwayat perjalanan Jakarta dan Bandung, kemudian menunjukkan gejala batuk kering," katanya.

Ia menjelaskan sebelumnya hasil tes cepat tim medis di RS Kesdam Banda Aceh terhadap MS menunjukkan reaktif. Selanjutnya juga terkonfirmasi positif COVID-19 melalui uji swab dan langsung dirujuk ke RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh pada 23 April lalu.

Menurut dia, sebelum dinyatakan sembuh, MS dirawat di respiratory instenseve care unit (RICU) seperti pasien terjangkit virus corona lainnya.

Kemudian, kata dia, sesuai prosedur penanganan pasien corona, tim medis RICU kembali mengambil swab MS untuk diperiksa di Balai Litbangkes RI Aceh di Siron, Aceh Besar, dan hasilnya ternyata sudah negatif, pada 28 April.

"Begitu juga hasil uji swab-nya yang ketiga juga negatif, sesuai laporan Balai Litbagkes Aceh, tertanggal 30 April 2020, dan dia dinyatakan sembuh dari COVID-19," katanya.

“Insya Allah MS sudah bisa pulang dan mungkin dijemput pimpinannya sore ini (Jumat)," katanya, menambahkan.

Baca juga: Polisi tangkap orang rusak ATM Bank Aceh pakai kapak

Baca juga: Masjid Agung Meulaboh tiadakan sajian buka puasa gratis