IDI Riau bagikan seratus sembako setiap hari selama ramadan

id IDI Riau,ACT

IDI Riau bagikan seratus sembako setiap hari selama ramadan

IDI Riau bagi-bagi sembako kepada masyarakat terdampak COVID-19 di bulan ramadan (ANTARA/Diana Syafni)

Pekanbaru (ANTARA) - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Provinsi Riau melakukan aksi sosial membagikan paket sembako kepada masyarakat Kota Pekanbarudi tengah bencana pandemi virus corona disease atau COVID-19.

Giat tersebut sudah bergulir sejak awal ramadan bekerjasama dengan organisasi Lazismu dan Aksi Cepat Tanggap (ACT). Adapun bantuan sembako yang disumbangkan IDI Riau diantaranya beras, minyak goreng, gula pasir, telur, susu kaleng, teh, kue dan makanan kotak.

"Bakti sosial ini merupakan agenda rutin yang kita lakukan. Nah, kali ini bertepatan dengan bulan suci Ramadan, IDI Riau ingin berbagi, membantu masyarakat terdampak COVID-19. Memang bantuan ini masih bersifat terbatas, kami berharap dapat bermanfaat," ucap Ketua IDI Riau dr Zul Asdi di Pekanbaru, Rabu.

Dia berharap agar gerakan IDI Riau berbagi ini dapat mendorong pihak lainnya untuk melakukan hal serupa. Apalagi sejak diberlakukannya aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), banyak masyarakat yang mengurangi aktivitas di luar rumah sehingga mengganggu sektor pendapatan mereka di tengah wabah ini.

"Harapan kita agar dapat diikuti oleh institusi lainnya sehingga masyarakat yang tidak mampu bisa kita bantu kebutuhannya apalagi sejak diberlakukannya PSBB ini," ucapnya.

Bantuan ini merupakan sumbangan yang terkumpul dari IDI Riau. Diharapkannya dapat meringan beban masyarakat di tengah wabah.

Sementara itu, Panitia IDI Riau berbagi di bulan Ramadan, dr Dimas mengatakan setiap harinya pihaknya turun ke jalan membagikan minimal 100 paket sembako.

"Kita salurkan bantuan ini kepada masyarakat yang kurang mampu. Dan juga untuk guru-guru, ustadz kita di pengajian. Target kita bantuan ini dapat tersebar ke seluruh kecamatan di Kota Pekanbaru selama ramadhan ini," ucapnya.

Dia mengajak institusi lainnya untuk bergotong-royong membantu pemerintah memutus mata rantai penularan infeksi virus yang telah menjadi wabah dunia ini.

"Jika ada yang inginmenyumbang, baik berupa uang ataupun barang, kita persilahkan dan buka donasi bagi siapa saja," ucapnya.

Masyarakat juga dapat berdonasi langsung dengan mentransfer ke nomor rekening BRI Syariah 1038431729 atas nama Sadaqah Infaq Pengajian IDI Riau.

Baca juga: IDI dan ACT Riau bantu semprot disinfektan ke masjid-masjid antisipasi COVID-19

Baca juga: Sambangi kantor IDI, FORCI Riau sumbangkan APD untuk tim medis