Pelindo Dumai dan PT SDS gelar donor darah bantu persediaan PMI

id Pelindo dumai, sds dumai, PMI dumai, donor darah dumai

Pelindo Dumai dan PT SDS gelar donor darah bantu persediaan PMI

Pelindo Dumai dan PT SDS gelar donor darah bantu persediaan PMI, Kamis (20/2) (ANTARA/Abdul RAzak)

Dumai (ANTARA) - PT Pelindo I Cabang Dumai targetkan menyumbang 100 kantong darah untuk menambah persediaan darah medis pada Palang Merah Indonesia dalam kegiatan donor darah dalam rangka peringatan Bulan K3 Nasional Tahun 2020.

Manager Umum Pelindo I Dumai Farid Chairmawan mengatakan, penggalangan donor darah merupakan rangkaian dari kegiatan Bulan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Nasional Tahun 2020 sesuai instruksi Dinas Tenaga Kerja Provinsi Riau.

"Sasaran ingin dicapai yaitu seluruh pegawai organik dan tenaga kerja di Pelindo Dumai dan para karyawan mitra di area kepelabuhanan," kata Farid, Kamis.

Dalam kegiatan ini, Pelindo bekerjasama dengan PMI Kota Dumai dan target 100 kantong darah untuk keperluan medis dan kemanusiaan diharap bisa tercapai dari hasil donor darah.

Selain Pelindo, masih dalam Bulan K3 Nasional Tahun 2020 ini, PT Sari Dumai Sejati (Apical) perusahaan pengolahan Crude Palm Oil (CPO) juga menggelar kegiatan donor darah selama dua hari, dimulai 12 hingga 14 Februari 2020 di lingkungan perusahaan di Jalan Raya Lubuk Gaung Kelurahan Lubuk Gaung Kecamatan Sungai Sembilan Kota Dumai.

Aksi sosial ini juga bekerjasama dengan PMI dan berhasil mengumpulkan 96 kantong darah, bertujuan guna mendukung pelaksanaan peringatan Bulan K3 Nasional Tahun 2020 yang dicanangkan Kementerian Tenaga Kerja RI.

Humas SDS Dumai Kamero Bangun menyebut, perusahaan siap mendukung program K3 membantu kesadaran masyarakat terhadap pentingnya bekerja dengan kehati-hatian agar sehat dan selamat.

Semua pihak diharap bisa berpartisipasi aktif dalam kegiatan K3 dengan mengutamakan prinsip nihil kecelakaan dan peningkatan produktivitas, sambil terus mengingatkan para karyawan dan pekerja agar menjalankan budaya K3.

"Melalui donor darah ini, PMI memperoleh database untuk golongan darah yang dapat digunakan apabila ada kebutuhan darah mendesak, dan program K3 bertujuan agar dapat menghadapi tantangan dunia ketenagakerjaan yang makin kompleks," kata Kamero.

Pentingnya pencanangan Hari K3, lanjutnya, dapat memberikan kesadaran bahwa kecelakaan kerja tidak hanya menyebabkan kematian, kerugian materi, moril dan pencemaran lingkungan, namun juga dapat mempengaruhi produktivitas dan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, kecelakaan kerja juga mempengaruhi indeks pembangunan manusia (IPM) dan indeks pembangunan ketenagakerjaan (IPK), dan Apical Dumai menanggapi upaya itu secara serius.

Baca juga: Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla dipilih kembali jadi Ketua Umum PMI

Baca juga: Karhutla Riau, PMI Riau sebar 70 ribu masker


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar