BMKG : 13 titik panas kepung Bengkalis

id BMKG, Karhutla, Riau,bmkg riau, karhutla riau

BMKG : 13 titik panas kepung Bengkalis

Pertugas Manggala Agni Daops Pekanbaru menyemprotkan air ke lahan gambut yang terbakar ketika berusaha memadamkan kebakaran lahan gambut di Pekanbaru, Sabtu (18/1/2019). (ANTARA/Rony Muharrman)

Pekanbaru (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru menyatakan sebanyak 13 titik panas yang mengindikasikan kebakaran hutan dan lahan terdeteksi di Kabupaten Bengkalis, Riau.

Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sukisno dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Pekanbaru, Minggu, menyatakan 13 titik panas yang terpantau melalui Citra satelit Terra dan Aqua, Minggu pukul 06.00 WIB itu menyebar di tiga kecamatan, Rupat, Rupat Utara dan Bengkalis.

"Selain di Bengkalis, titik panas juga terdeteksi di kabupaten Pelalawan," kata Sukisno.

Di Pelalawan, BMKG menyatakan terdapat empat titik panas yang terdeteksi di kecamatan Kuala Kampar dan Teluk Meranti.

BMKG membagi dua kategori sebagai indikator kebakaran hutan dan lahan. Titik panas merupakan indikator awal keberadaan kebakaran dengan tingkat kepercayaan di atas 50 persen. Sementara titik api merupakan indikasi kuat kebakaran hutan dan lahan dengan tingkat kepercayaan 70 hingga 100 persen.

Sukisno menyatakan dari 13 titik panas di Bengkalis, 10 titik diantaranya dipastikan sebagai titik api atau indikasi kuat kebakaran hutan dan lahan. Sementara satu titik api di Kabupaten Pelalawan.

BMKG telah mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan aktivitas pembakaran menyusul meningkatnya potensi kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau.

Analis BMKG Stasiun Pekanbaru Yasir Prayuna mengatakan saat ini sebagian wilayah Riau tengah memasuki peralihan musim dari hujan ke kemarau fase pertama 2020.

"Aktivitas pembakaran (harus) dihindari karena bisa memicu lagi kebakaran hutan di wilayah Riau," kata Yasir.

Dia mengatakan saat ini sebagian wilayah Riau, terutama bagian utara telah memasuki musim kemarau. Sejak awal Januari ini, sejumlah kabupaten kota seperti Bengkalis, Dumai, Rokan Hilir, hingga Indragiri Hilir terpantau titik-titik panas yang mengindikasikan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Riau, kata Yasir akan sepenuhnya memasuki musim kemarau pada pertengahan Januari dan berlangsung hingga Februari 2020 mendatang.

"Dari BMKG sendiri (menyatakan) waspada karena dalam beberapa pekan ke depan akan segera memasuki musim kemarau. Walaupun kemarau periode pertama ini tidak terlalu panjang tapi harus waspada karena Riau cukup rentan potensi meluasnya kebakaran itu," ujarnya.

Baca juga: Dashboard Lancang Kuning pantau keseriusan polisi atasi karhutla Riau, begini penjelasannya

Baca juga: BPBD Pekanbaru simulasi pamadaman Karhutla ke anak SD