Tiga Orang Tewas Dalam Sehari Di Riau

id tiga orang, tewas dalam, sehari di riau

Pekanbaru, 29/3(ANTARA) - Dalam sehari rata-rata tiga orang tewas akibat kecelakaan lalu lintas di Provinsi Riau, kata Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Riau, AKBP Rusdi Hartono, di Pekanbaru, Selasa.

"Setiap hari di Indonesia terdapat sekitar 60 orang yang tewas akibat kecelakaan lalu lintas. Sedangkan di Riau sendiri, berdasarkan data Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Riau terdapat tiga orang tewas dalam sehari," ujar Wadirlantas AKBP Rusdi Hartono.

Mayoritas, lanjutnya, yang mengalami kecelakaan ini masih dalam usia produktif. Dengan demikian, dalam setahun lebih dari seribu yang tewas di jalan raya di Riau.

"Penyebab kecelakaan sendiri adalah faktor pengemudi yang ugal-ugalan dan tidak memperhatikan keselamatan ketika berkendaraan," kata Rusdi.

Di Riau, tambah dia, merupakan salah satu provinsi yang masyarakatnya kurang memperhatikan keselamatan dalam berkendara baik dari perlengkapan berkendara dan rambu lalu lintas.

Salah satu upaya yang harus dilakukan, kata Rusdi, adalah dengan memberikan pendidikan berlalu lintas sejak dini di sekolah. Sehingga nantinya, anak didik tersebut bisa menjadi manusia yang taat aturan.

"Tidak menjadi manusia yang kemudian meninggal sia-sia di jalan raya, akibat ketidakpatuhan akan peraturan," katanya menambahkan.

Menurutnya, angka kecelakaan lalu lintas ini melonjak pada saat hari raya keagamaan seperti Idul Fitri, Natal, dan Tahun Baru.

"Masalah lalu lintas, adalah masalah yang perlu mendapatkan perhatian semua pihak. Kami juga mengharapkan ke depannya permasalahan lalu lintas ini mendapatkan porsi di sekolah baik menjadi muatan lokal ataupun disisipkan dalam pelajaran lainnya," katanya berharap.