Antisipasi banjir, Pemkab Rohil lakukan normalisasi

id Banjir,banjir rohil

Antisipasi banjir, Pemkab Rohil lakukan normalisasi

Bupati Rohil, Suyatno didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Suwandi meninjau kegiatan normalisasi di Jalan Selamat Ujung, Kelurahan Bagan Timur, Kecamatan Bangko, pada Senin (2/12/2019). (ANTARA/Dedi)

Rokan Hilir (ANTARA) - Pemkab Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau melakukan kegiatan normalisasi berupa pengerukan saluran parit maupun pembersihan drainase di Bagansiapiapi, Kecamatan Bangko guna mengantisipasi terjadinya banjir.

Guna memastikan kegiatan berjalan dengan baik, Bupati Rohil, Suyatno meninjau pelaksanaan kegiatan yang mengerahkan satu unit alat berat ekskavator didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rohil, Suwandi.

"Saya minta semua parit yang ada tersumbat itu dibersihkan atau dibongkar sehingga diharapkan air mengalir dengan lancar dan tidak tergenang lagi," kata Bupati usai meninjau kegiatan normalisasi di Jalan Selamat Ujung, Kelurahan Bagan Timur, Kecamatan Bangko, Senin.

Ia mengatakan penumpukan sampah salah satu faktor menyebabkan terjadinya genangan yang berimbas pada banjir. Kalau ini tidak disiasati maka kondisi menyusutnya air akan berlangsung dengan lama.

Suyatno mengatakan ada beberapa titik yang menjadi perhatian pada saat ini seperti di Sungai Pabrik, Sei Garam dan lain-lain. Jika memang perlu tidak hanya normalisasi saja tapi akan dilakukan pembongkaran terhadap adanya hunian di pinggiran parit atau sungai.

Menurut dia ada salah satu titik yang terdapat hunian, sekitar delapan rumah yang mengakibatkan terhalangnya upaya normalisasi menggunakan alat berat.

Untuk itu pemerintah daerah akan melakukan langkah pendekatan terlebih dahulu untuk mengatasi hal ini, jika perlu akan dilakukan ganti rugi melibatkan tim independen.

"Jangan sampai karena tidak bisa diatasi terjadi banjir parah di daerah ini, tentunya tidak baik," ujarnya.

Bupati menyebutkan dampak banjir cukup merugikan karena mengakibatkan kenyamanan masyarakat terganggu, begitu juga aktivitas sosial. Pendidikan, bahkan keselamatan jiwa bagi anak-anak atau balita jika tidak diawasi dengan baik.

"Makanya berkaitan dengan hal ini kami juga menghimbau agar orang tua meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masing-masing, jangan lengah mengawasi anak-anaknya," pesan Suyatno.

Pantauan di lapangan genangan air menjangkau halaman dan teras sebagian rumah warga yang terletak di jalan Selamat Ujung. Genangan air juga berada di jalan namun hanya sebagian kecil saja, ini tidak terlepas dari efektifnya kegiatan normalisasi yang telah dilakukan beberapa waktu sebelumnya.

Baca juga: Raih juara III MTQ Riau, Bupati Rohil silaturahmi bersama kafilah

Baca juga: Hilang dua hari, Mujiono ditemukan dalam kondisi meninggal


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar