Seleksi Panwascam Pekanbaru Diikuti 69 Peserta

id seleksi panwascam, pekanbaru diikuti, 69 peserta

Pekanbaru, 12/1 (ANTARA) - Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Pekanbaru Suparleni mengatakan seleksi Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang diselenggarakan sejak Senin (10/1) lalu diikuti sebanyak 69 peserta.

"Jumlah lamaran yang masuk yakni sebanyak 77, namun setelah diseleksi administrasi, ternyata yang memenuhi persyaratan hanya 69 orang," ujar Suparleni di Pekanbaru, Rabu.

Ia mengatakan salah satu penyebab gugurnya calon panwascam tersebut yakni karena faktor usia karena banyak usia peserta yang berada dibawah 35 tahun.

"Hal ini sesuai dengan perundang-undangan yang ada. Lagi pula, secara psikologis anggota Panwascam harus memiliki wibawa. Ketika menghadapi permasalahan dengan peserta Pemilu akan dapat menanganinya dengan baik dan berwibawa," tambah dia.

Nantinya, kata Suparleni, setelah tahap administrasi akan dilanjutkan dengan tahap pengetahuan umum dan terakhir wawancara. Sesuai dengan aturan, calon anggota Panwascam yang lolos seleksi di tingkat KPU masing-masing kecamatan ada enam orang calon anggota atau dua kali lipat jumlah anggota Panwascam yang akan ditetapkan. Jumlah anggota Panwascam yang akan ditetapkan sebanyak 3 orang untuk tiap kecamatan.

"Nantinya yang akan dibutuhkan yakni 36 anggota Panwascam. Panwascam harus segera dibentuk mengingat semakin dekatnya Pilkada Pekanbaru yang akan berlangsung Mei mendatang," tutup dia.