600 anak ramaikan HAN 2019 tingkat Riau

id Pemrov Riau,hari anak riau, hari anak nasional riau

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo menghadiri peringatan Hari Anak Nasional 2017 di Pekanbaru, Riau. ANTARA/ Desca Lidya Natalia

Kota Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 600 anak mulai dari TK, PAUD, pelajar SD, SMP dan SLTA sederajat ikut memeriahkan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tingkat Provinsi Riau tahun 2019 di di Balai Serindit Komplek Gedung Daerah Provinsi Riau, Pekanbaru, Selasa.

"HAN diperingati sebagai upaya untuk menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh kembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi," kata Wakil Gubernur Riau, H. Edi Natar Nasution, di Pekanbaru, Selasa.

Menurut dia, peringatan HAN ini sekaligus menjadi wadah bagi anak untuk mengembangkan dan mengeskpresikan diri dalam berbagai kegiatan positif.

Pada kesempatan ia berharap adanya peran aktif dan keikutsertaan pihak terkait dapat mewujudkan Riau Layak Anak dan semoga anak-anak Riau dapat terus mengukir prestasi kedepannya.

Peringatan HAN tahun 2019 dimeriahkan dengan lomba menggambar dan mewarnai tingkat TK dan PAUD yang diselenggarakan di Balai Pelangi, penyerahan piagam penghargaan Gubernur Riau pada Pemerintah Daerah yang telah meraih penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) di tingkat Nasional, dunia usaha dan lembaga yang berjasa di bidang pemenuhan hak dan perlindungan anak, serta Forum Anak berprestasi.

Selain itu juga dibacakan Suara Anak Riau tahun 2019, sementara 600 anak yang memeriahkan peringatan HAN tahun 2019 terdiri atas 300 anak TK dan Paud, 12 anak berkebutuhan khusus dari FKKADK, 200 pelajar tingkat SD,SMP, dan SMA sederajat di Kota Pekanbaru serta 88 orang dari Forum Anak se Provinsi Riau.

Menurut Ketua panitia, Sauqi, HAN dimeriahkan dengan tampilan seni budaya tradisi masyarakat Riau, teater Kemerdekaan RI, lagu solo, puisi dan lagu kebangsaan yang dibawakan oleh perwakilan anak-anak se Provinsi Riau.

Peringatan HAN Provinsi Riau juga disaksikan Ketua TP-PKK Provinsi Riau, Hj Misnarni Syamsuar, Wakil Ketua I TP-PKK Provinsi Riau, Hj Suti Mulyati Edi, Bupati dan Walikota se Provinsi Riau, Perwakilan Kanwil Kemenag Riau, Sobri S Ag, Lembaga Adat Melayu Riau, Kepala Dinas se Provinsi Riau, Kepala Lembaga dan Organisasi Wanita, Ketua Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia, Ketua Forum Anak Provinsi Riau beserta Pengurus dan Fasilitator Forum Anak Provinsi Riau.

HAN Provinsi Riau, diperingati 23 Juli setiap tahunnya, namun karena pada tanggal tersebut bertepatan dengan pertemuan Forum Anak Nasional dan Peringatan Hari Anak Nasional di Kota Makasar.

"Forum Anak Riau tahun 2019 berhasil meraih penghargaan pembinaan Forum Anak Daerah terbaik se Indonesia dan Forum Anak Daerah Terfavorit se Indonesia pada Dafa Award, untuk Forum Anak Kabupaten Siak meraih Dafa Award kategori pendidikan, serta Forum Anak Kecamata Tualang Kabupaten Siak berhasil menjadi Forum Anak Kecamatan terbaik tingkat Nasional tahun 2019," kata Sauqi.
Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar