100 Brimob Polda Riau jaga Freeport di Papua

id Freeport Indonesia, Mabes Polri, Polda Riau

Brimob Polda Riau. (dok Antaranews/19)

Pekanbaru (ANTARA) - Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia mengirimkan 100 personel Brigade Mobil Polda Riau ke tanah Papua dengan tugas khusus membantu mengamankan perusahaan tambang PT Freeport Indonesia.

Ratusan personel Brimob Polda Riau tersebut akan bergabung dalam melakukan pengamanan bersama ratusan personel Brimob lainnya dari Polda Bali, Polda Sumatera Barat dan Polda Kalimantan Barat. Mereka semua tergabung dalam satuan tugas Amole 2019.

"Berharap dengan kehadiran Satgas Amole Brimob Polda Riau nantinya dapat membawa manfaat bagi masyarakat dan juga kelangsungan iklim produktifitas PT Freeport Indonesia," kata Kapolda Riau Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo di sela-sela upacara pelepasan personel di terminal kargo Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Rabu malam.

Widodo mengatakan personel Brimob tersebut akan bertugas selama empat bulan lamanya guna mengamankan aset dan operasional PT Freeport yang kini saham mayoritas telah dikuasai pemerintah Indonesia.

Dia mengungkapkan jika pengerahan personel Brimob Polda Riau ke Papua tersebut merupakan bentuk kebanggaan tersendiri mengingat ratusan personel Polda Riau sendiri beberapa waktu lalu baru saja menyelesaikan tugas mengamankan ibu kota pasca-Pemilu 2019.

Untuk itu, dia meminta agar personel yang diberikan amanah untuk menjalankan tugas mulia itu dapat menjaga nama baik Polri serta melaksanakan tugas sebaik mungkin.

"PT Freeport Indonesia merupakan sebuah perusahaan tambang emas yang merupakan objek vital nasional. Segera dan secepatnya menyesuaikan diri dengan lingkungan tugas," ujarnya.

Selain itu, Kapolda juga meminta kepada jajarannya untuk selalu siaga mengingat tingkat ancaman di Papua cukup tinggi. "Senantiasa bertindak responsif dan militansi tinggi. Waspada dan siaga mengingat tingkat ancaman ditempat tugas cukup tinggi," lanjut Eko.

Suasana haru terlihat jelas saat ratusan kolega dan keluarga melepas anggota Brimob tersebut untuk bertugas empat bulan di Papua. Tak sedikit dari mereka yang meneteskan air mata melepas kepergian keluarga tercinta.

Baca juga: Polisi korban ricuh 22 Mei minta sepeda ke Jokowi

Baca juga: Polda Riau kerahkan dua SSK Brimob ke Jakarta


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar