Sambut Ramadhan dengan Puluhan nikah massal

id Nikah massal,sambut Ramadhan

Nikah massal di Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin berlangsung khidmat. (antara/foto/ibay)

Banjarmasin (ANTARA) - Sebanyak 50 pasangan melaksanakan nikah massal yang berlangsung di Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Sabtu (4/5). Acara yang digelar Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kalimantan Selatan itu sekaligus dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan.

"Alhamdulilah ada 50 pasangan melakukan ijab qabul jelang bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah," kata Kepala Kanwil Kemenag Kalsel H Noor Fahmi.

Suasana khidmat pun nampak dalam prosesi acara yang dihadiri Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor itu. Apalagi saat ketika nama-nama setiap pasangan disebutkan, mereka langsung sumringah penuh kebahagiaan.

Fahmi mengungkapkan, nikah massal bertujuan membantu warga kurang mampu yang mana niat untuk menikah terkendala biaya.

"Jadi sebelumnya kami minta petugas Kantor Urusan Agama (KUA) dari seluruh kabupaten dan kota di Kalsel mencari warga yang berniat menikah namun tidak ada biaya untuk melaksanakannya," bebernya.

Seluruh pasangan pengantin yang terbilang matang secara usia itupun langsung mengantongi buku nikah dan kartu nikah. Dimana Fahmi menjelaskan jika tujuan lain dari nikah massal itu mengedukasi masyarakat agar menghindari dari pernikahan usia dini.
Sementara Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kalsel turut berpartisipasi membantu dekorasi tempat dan pakaian mempelai dengan menggandeng juga Persatuan Rias Pengantin Harpi Melati Kalsel dan Yani Yongky Decoration.

"Uang mahar Rp 1 juta dibantu Pemprov Kalsel dan Bank Kalsel. Kami ucapkan terima kasih atas partisipasi semua pihak mendukung kegiatan ibadah dengan menikahkan orang ini," jelas Ketua Baznas Kalsel Pangeran H Rusdi Effendi.

Sementara sang gubernur berharap kegiatan serupa bisa dilaksanakan secara rutin dan jadi agenda tahunan, sehingga dapat membantu warga kurang mampu yang ingin melangsungkan pernikahan.
Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar