Warga Pekanbaru Diimbau Jaga Pohon Pelindung

id warga pekanbaru, diimbau jaga, pohon pelindung

Pekanbaru, 25/9 (ANTARA) - Wakil Wali Kota Pekanbaru, Erizal Muluk meminta masyarakat terutama yang di depan rumahnya ditanami pohon pelindung, agar memelihara dan merawat pohon pelindung yang ditanam Pemko.

"Sebab kalau tidak dirawat pohon yang ditanam dalam rangka penghijauan setiap minggu itu tidak akan berkembang," kata Wakil Walikota Pekanbaru Erizal Muluk, Sabtu.

Dia mengatakan Program Kamis menanam kali ini dipusatkan di Jalan Imam Munandar yang terdiri dari dua kecamatan. Lokasinya akan bertukar setiap pekannya tergantung wilayah yang belum mendapat giliran .

"Lokasi penaman pohon yang dilakukan adalah sebelah kiri arah menuju pusat kota. Sebab, pada sebelah kanannya, kemungkinan pemilik tanahnya membangun sangat besar sehingga diperkirakan akan merusak pohon jika melakukan pembangunan," katanya.

Berbeda dengan sebelah kiri karena pada umumnya sudah berdiri ruko sampai Jembatan Sail yang ada di jalan tersebut.

"Saya menyarankan agar para pemilik ruko maupun pedangang yang berjualan di ruko ini memelihara. Seperti mernyiram pada waktu musim kemarau dan memupuk pada musim hujan.Kami sangat mengharapkan partisipasi dari para pemilik ruko untuk ikut memelihara pohon yang kita tanam ini," katanya.

Selain di pusat kota penanaman pohon juga di lakukan di pinggir jalan seputar pemukiman warga ,perumahan.

"Intinya kita mengharapkan agar masyarakat juga ikut berpartisipasi. Pokoknya ikutlah merawat," kata Erizal

Penanaman pohon kali ini dilakukan 350 bibit dari 1.500 pohon yang tersedia dari berbagai jenis seperti Mahoni, Bunga Tanjung, Kelengkeng, Mangga dan Matoa.

"Sisanya akan ditanam di beberapa kecamatan dan untuk penyisipan kalau ada yang mati," katanya.

Kegiatan menanam pohon yang di beri nama Kamis menanam ini dilakukan pemerintah kota Pekanbaru setiap minggu pada hari Kamisnya.

Pemko Pekanbaru bekerjasama dengan RT/RW hingga Lurah untuk menggalang masyarakat melakukan penanaman.

Pemko Pekanbaru juga menyediakan bibit tanaman yang akan di sebar ke warga untuk ditanam di trotoar jalan yang belum di tumbuhi pohon,hingga kepemukiman.

Tujuannya untuk menciptakan penghijauan kota di masa datang.