Pemkab Bengkalis Upayakan Pembangunan Gedung Dukcapil

id pemkab bengkalis, upayakan pembangunan, gedung dukcapil

Pemkab Bengkalis Upayakan Pembangunan Gedung Dukcapil

Bengkalis (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau mengupayakan pembangunan gedung baru Unit Pelaksana Teknis Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di Kecamatan Mandau agar pelayanan terhadap masyarakat lebih baik.

"Kondisi fisik pada Gedung Pujasera yang dipakai sebagai kantor UPT Dukcapil di Mandau, secara bertahap dan kita upayakan secepatnya untuk diperbaiki ataupun dilakukan proses rehabilitasi kembali agar lebih sempurna, tapi semuanya mesti perlahan, dan mengikuti proses yang ada," ujar Bupati Bengkais Amril Mukminin ketika melakukan inspeksi di Bengkalis, Selasa.

Dia mengatakan untuk pencetakan e-KTP saat ini masih dilakukan di Disdukcapil kabupaten, akan tetapi secara bertahap proses pencetakan bisa langsung dilakukan di UPT Mandau.

"Dalam waktu dekat nantinya, segala proses pencetakan baik itu e-KTP, Kartu Keluarga, dan Akta Kelahiran akan langsung bisa diproses di UPT Mandau, mengingat Kecamatan Mandau, Pinggir, Bathin Solapan, dan Talang Muandau memiliki tingkat kependudukan yang tinggi," ucap dia.

Dia menjelaskan saat ini proses pencetakan e-KTP dan surat kependudukan lainnya masih dalam proses tunda, mengingat tinta, dan blangko habis, serta masih dalam proses pemesanan.

"Semua peralatan dan sarana prasarana pelayanan tersebut merupakan wewenang pusat. Kita di pemerintah kabupaten hanya bisa melayani, jadi jika dari pemerintah pusat telat menyampaikan segala peralatan tersebut, termasuk tinta, maka kita di daerah juga tidak bisa melakukan proses pencetakan," ujar dia.

Mantan Kepala Desa Muara Basung Bengkalis itu meminta kepada seluruh staf yang bekerja di UPT Dukcapil Mandau memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, sesuai standar operasional prosedur, agar tidak terjadi kesalahpahaman dan kecurigaan masyarakat.

"Meskipun saat ini kondisinya, kehabisan tinta, namun kepada staf untuk dapat tetap melakukan pelayanan serta dapat memberikan penjelasan secara baik, sopan, dan tertib kepada masyarakat," katanya.