BPBD Bengkalis Tangani 19 Kejadian Bencana Alam

id bpbd, bengkalis tangani, 19 kejadian, bencana alam

 BPBD Bengkalis Tangani 19 Kejadian Bencana Alam

Bengkalis (Antarariau.com) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, selama Juli 2018 telah menangani sebanyak 19 kejadian bencana alam di daerah setempat.

"19 kejadian ini berupa Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Bengkalis," ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Bengkalis Darwissam di Bengkalis, Selasa.

Menurutnya secara rinci kasus atau kejadian yang ditangani pada tanggal 5 Juli 2018, Kebakaran lahan di Jalan Sudirman samping Polsek Mandau seluas satu hektare. Kemudian 11 Juli terjadi kebakaran Desa Petani Kecamatan Bathin Solapan.

"Tanggal 13 Juli ada tiga kejadian yaitu, kebakaran lahan di Jalan lingkar Kelurahan Pematang Pudu Kecamatan Mandau, kebakaran lahan di Jalan lintas Duri Pinggir Kelurahan Titian Antui Kecamatan Pinggir dan kebakaran lahan di Jalan Pipa Air Bersih Desa Petani Kecamatan Bathin Solapan, seluas tiga hektare," jelasnya.

Selanjutnya, 14 Juli 2018 terjadi dua kebakaran lahan milik Haloho di Jalan lintas Duri Pekanbaru Desa Tengganau Kecamatan Pinggir dan kebakaran lahan di Jalan lintas Duri-Pekanbaru.

Selanjutnya, 16 Juli2018 terjadi lagi kebakaran lahan di Jalan Pipa Air Bersih Desa Petani Kecamatan Bathin Solapan dan kebakaran lahan di Jalan Rambutan Kelurahan Air Jamban Kecamatan Mandau.

"Satu hari setelah kejadian di Kecamatan Bathin Solapan, tanggal 17 Juli terjadi lagi kebakaran lahan di Jalan Pipa bersih Desa Petani Kecamatan Bathin Solapan dan kebakaran lahan seluas 10 hektare di Desa Bumbung Kecamatan Bathin Solapan," ungkapnya.

Berikutnya, pada 18 Juli 2018 ada dua kejadian, yaitu kebakaran lahan seluas dua hektare milik SMKN 1 Kelurahan Pergam Kecamatan Rupat dan kebakaran lahan seluas 10 hektare di Desa Bumbung Kecamatan Bathin Solapan.

"Tanggal 19 Juli 2018 kembali lagi terjadi kebakaran lahan di Desa Buluh Apo Kecamatan Pinggir, dan 20 Juli kebakaran lahan di Kampung Baru Desa Tasik Serai Kecamatan Talang Muandau," ujarnya.

Ditambahkannya, 21 Juli terjadi lagi kebakaran lahan milik warga terjadi di Dusun Gajah Tua Desa Bumbung kecamatan Bathin Solapan, dan terakhir 24 Juli ditemukan titik api oleh Masyarakat Peduli Api (MPA), RPK Desa Tasik Tebing Serai Kecamatan Talang Muandau seluas 30 hektare dan kebakaran lahan milik Purba di Jalan Tegar Kelurahan Pematang Pudu kecamatan Mandau.

"Kita mengimbau kepada seluruh masyarakat Bengkalis agar jangan lengah dan senantiasa waspada terhadap kejadian-kejadian bencana alam," pinta Darwissam.