Dishub Riau Minta KMP Kakap Diganti, Operator Masih Anggap Layak

id dishub riau, minta kmp, kakap diganti, operator masih, anggap layak

Dishub Riau Minta KMP Kakap Diganti, Operator Masih Anggap Layak

Alfisnardo

Bengkalis, (Antarariau.com) - Dinas Perhubungan Riau meminta PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan mengganti KMP Kakap dengan kapal roro yang lebih layak menyusul banyaknya keluhan dari pengguna jasa penyeberangan Roro Dumai-Tanjung Kapal Rupat, Kabupaten Bengkalis.

"Kami sudah mengajukan permintaan kepada PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) sebagai operator untuk mengganti KMP Kakap dengan kapal roro yang lebih layak, bahkan suratnya sudah dikirim beberapa waktu lalu akibat banyaknya keluhan dari pengguna jasa," ujar Kadishub Riau Taufiq OH di Bengkalis, Selasa.

Dikatakan Taufiq, tim survei dari ASDP dari Jakarta sudah turun ke Dumai untuk memastikan KMP Kakap tersebut layak atau tidak untuk diganti.

"Dari info sementara yang kami dapat belum ada proses untuk mengganti karena pihak kapal sendiri menyatakan masih layak untuk dioperasikan," kata Taufiq.

Taufiq melihat bukan dari segi kelayakan kapal masih bisa beropersi, tetapi dari kapasitas kapal yang ada, apakah mampu melayani penumpang dan kendaraan di jalur penyeberangan tersebut.

Dishub Bengkalis juga sudah mengajukan permintaan agar KMP Kakap segera diganti Selain dikeluhkan mengenai kenyamanan juga kapasitas kapal yang kecil dan sering mengalami kerusakan.

"Kami sudah melakukan koordinasi dengan Kadishub Bengkalis dan permintaan mereka kapal roro tersebut harus diganti demi meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa," kata Taufiq.

Apabila permintaan ini tidak juga ditanggapi oleh ASDP, maka Dishub akan mengambil langkah untuk mencari kapal pengganti yang lebih layak.

"Memang kewenangan ada pada provinsi dalam mengelola penyeberangan tersebua karena berada di dua wilayah yakni Dumai dan Bengkalis, apa bila tidak ada tanggapan juga dari pihak ASDP, kami akan mencari pengganti yang lebih layak," tegasnya lagi.

Sementara itu Kadishub Bengkalis melalui Kabid Pelayaran Zul Asri mengatakan bahwa usulan pergantian terhadap KMP Kakap tersebut sudah diajukan ke provinsi, bahkan satu armada roro dari Bengkalis di pindahkan ke rute penyeberangan Dumai-Tanjung Kapal Rupat tersebut.

"Kami ketahui yang banyak memakai jasa penyeberangan tersebut berasal dari Rupat ke Dumai, makanya ditambah satu kapal KMP Swarna Dharma dengan harapan pelayanan kepada penguna jasa lebih maksimal," kata Zul Asri.***1***